logo


Persiapan Ibadah Haji, Menag Bakal Kosongkan Asrama dari Pasien Covid-19

Menag ingin mengosongkan asrama haji dari pasien corona 15 Juni

22 Mei 2020 04:45 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menilik soal penyelanggaraan ibadah haji, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan pihaknya bakal mengosongkan asrama haji dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (OPD) terkait virus corona.

Pengosongan itu bakal dilaksanakan pada 15 Juni mendatang apabila ibadah haji jadi diselenggarakan.

Jika Arab Saudi nantinya mengamini penyelenggaraan haji tahun ini, Fachrul bakal memastikan seluruh asrama haji siap digunakan untuk tempat transit para jemaah.


Pandemi Covid-19, Ini Panduan Ibadah Ramadan 2020 dari Pemerintah

"Sudah kami persiapkan, dengan memindahkannya (kegiatan karantina corona) ke bangunan lain," kata Fachrul, seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Kamis (21/5).

Kemenag, dalam Surat Edaran Nomor 01010 Tahun 2020, telah memperbolehkan asrama haji dipakai untuk tempat karantina pasien corona. Pihaknya menyerahkan prosedur penggunaan ruang ke pemerintah daerah, Kementerian Kesehatan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Akan tetapi Kemenag memberi catatan, jemaah haji akan berangkat pada 26 Juni dan transit di asrama sehari sebelumnya. Maka dari itu, pihaknya meminta asrama dikosongkan dari kegiatan karantina paling lambat 10 hari sebelumnya atau 15 Juni.

Meski PSBB, Fachrul Razi Bakal Relaksasi Tempat Ibadah

Halaman: 
Penulis : Iskandar