logo


Ditangkap Lagi, Bahar bin Smith Disebut Penyebar Kebencian dan Keberingasan

Ade menilai Bahar termasuk dalam kategori penceramah yang pengetahuannya tidak mendalam.

22 Mei 2020 05:45 WIB

Bahar bin Smith
Bahar bin Smith bbc

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pakar komunikasi Indonesia Ade Armando turut angkat suara terkait penangkapan Habib Bahar bin Smith oleh pihak kepolisian dan Kemenkum HAM. Diketahui, Bahar diciduk lantaran melanggar ketentuan selaku narapidana yang dibebaskan atas program asimilasi.

Menurut Ade, Bahar merupakan seorang pendakwah yang menebarkan kebencian dan kekerasan.

“Dia adalah seorang penceramah, seorang ustaz yang hidup dengan menyebarkan kebencian dan keberingasan,” ujar Ade, seperti dikutip dari Tagar pada Jumat (22/5).


Masuk Penjara Lagi, Bahar bin Smith Disindir Denny Siregar, "Bisa Cepet Gitu ya"

Dalam hal pendakwah, Ade mengkategorikan ke dalam tiga kelompok besar. “Kelompok pertama adalah orang yang betul-betul mendalam pengetahuannya dan orang datang untuk mendengarkan ceramahnya karena pengetahuan yang mendalam.”

Kelompok kedua, lanjut Ade, para penceramah yang sebenarnya menjadi sangat menarik karena misalnya pintar melucu, melawak, memberi cerita-cerita yang menarik. Dia menilai ustaz pada kategori ini atraktif.

“Kelompok ketiga ada pula yang pengetahuannya tidak mendalam, tidak juga lucu, tidak juga menarik, tapi dia besar karena tadi: provokasinya. Dia menyebarkan kebencian terutama kepada apa yang dia katakan sebagai musuh-musuh Islam. Dan ini banyak juga para pendukungnya, banyak anak muda terutama yang datang untuk mendengarkan provokasi-provokasi semacam itu,” jelasnya.

Ade menyebut orang seperti Bahar Smith ada di kelompok ketiga ini. Ia juga mengatakan bahwa Bahar memiliki kemiripan dengan pentolan FPI, Rizieq Shihab.

“Tidak pintar-pintar amat, bahkan tidak pintar, dan tidak lucu, tapi beringas, seperti singa padang pasir. Dalam hal ini Bahar menjadi mirip dengan Rizieq, dan Rizieq itu memang orang yang dia kagumi,” tukasnya.

Tim Kuasa Hukum Khawatirkan Kesehatan Habib Bahar bin Smith yang Dipindah ke Sel Isolasi

Halaman: 
Penulis : Iskandar