logo


Menag Minta Umat Islam Tak Terima Tamu Waktu Lebaran, Salat Idul Fitri di Rumah Saja

Hal tersebut guna mencegah penyebaran virus Corona Covid-19

21 Mei 2020 13:39 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menjelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Menteri Agama Fachrul Razi meminta umat Islam untuk senantiasa memperhatikan protokol keamanan kesehatan guna mencegah penyebaran virus Corona dengan tetap berada di rumah dan tidak menerima tamu saat lebaran nanti.

"Berlebaran di rumah saja, bersama keluarga inti. Tak usah ke mana-mana, tak usah menerima tamu. Karena tidak tahu tamu yang datang membawa virus, karena memang sekarang banyak Orang Tanpa Gejala (OTG)," ujarnya dalam video conference di Jakarta, Kamis (21/5).

Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa pesan terkait hal ini, termasuk larangan mudik dan tidak melakukan takbir keliling.


Budi Arie Setiadi: Jangan Mudik, Cegah Penyebaran Covid-19 ke Desa

“Saya harap musholla dan masjid bisa menggabungkan, menggunakan loudspeaker," katanya.

Dia juga meminta umat Islam untuk melaksanakan Sholat Idul Fiftri di rumah dengan anggota keluarga, bukan di masjid atau tempat lain dimana akan terjadi kerumunan orang banyak.

"Sebaiknya dilakukan tapi di rumah. Bisa perorangan atau berjamaah, caranya juga mudah," lanjutnya.

Terkait dengan larangan menerima tamu ataupun bersilaturahmi ke rumah sanak saudara atau kerabat, Fachrul Razi meminta hal tersebut dilakukan secara online melalui video call.

"Video call sudah bisa komunikasi dengan teman-teman dan semuanya," imbuhnya.

"Meski ibadah di rumah, silaturahmi via medsos, tapi ketentuan protokol kesehatan wajib dilakukan sebaik-baiknya," pungkasnya.

PBB Sebut Covid-19 Mampu Memutar Balik Perkembangan Manusia untuk Pertama Kalinya dalam 30 Tahun Terakhir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia