logo


Meski Melebihi Krisis 1998, Ekonom Sebut Sektor Ini Paling Banyak Untungnya

Menko PMK sebut krisis di tengah pandemi corona lebih parah dibanding krisis 1998

21 Mei 2020 06:25 WIB

Laptop / Teknologi Komunikasi
Laptop / Teknologi Komunikasi eksekutifcomputer.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa krisis ekonomi yang terjadi di tengah pandemi corona seperti saat ini lebih parah dibandingkan dengan krisis tahun 1998.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal mengatakan bahwa sektor teknologi dan informasi merupakan sektor yang paling diuntungkan saat ini. Pasalnya keijakan bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah dari rumah membuat orang banyak menggunakan internet.

"Kalau kita lihat pemenang dan yang kalah, kalau saya lihat sektor ITC justru sedang menjadi sektor yang performanya meningkat dari platform digital ada e-commerce, dan data traffic dan lain-lain," kata Fithra seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (20/5/2020).


Belum Ditemukan Vaksin, Wagub DKI Minta Berdansa dengan Corona

Fithra mengatakan meskipun daya beli masyarakat secara umum menurun di tengah pandemi corona, namun tingkat transaksi pembelian paket internet meningkat.

"Sektor TIK tetap diuntungkan meski daya beli turun karena efek shifting ini lebih besar dari efek kontraksi daya beli. Saya belum ada datanya. Tapi kalau lihat tren WFH (work from home) dan social distancing, semuanya dilakukan via online, saya rasa sektor TIK ini paling tinggi peningkatannya dibanding sektor lain," pungkasnya.

Menristek: Covid-19 Memiliki Daya Tular 20 Kali Lebih Kuat Dibanding SARS

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×