logo


Menristek: Covid-19 Memiliki Daya Tular 20 Kali Lebih Kuat Dibanding SARS

Menristek sebut daya tular Covid-19 sangat tinggi

21 Mei 2020 05:29 WIB

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/ Kepala Badan Riset dan Inovsi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa virus Covid-19 berjenis SARS-CoV-2 memiliki daya tular 20 kali lebih kuat dibanding dengan virus SARS berjenis SARS-CoV-1. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat lebih waspada.

"Kita ketahui bersama bahwa Covid-19 memiliki daya tular 20 kali lebih kuat dibanding SARS," kata Bambang Brodjonegoro dalam acara peluncuran produk riset, teknologi, dan inovasi untuk percepatan Covid-19 seperti yang disiarkan di YouTube Setpres, Rabu (20/5/2020).

Bambang mengatakan bahwa produk inovasi alat kesehatan untuk menangani Covid-19 dalam negeri siap diproduksi secara massal pada bulan Juni. Saat ini beberapa produk yang sudah diluncurkan masih dalam tahap produksi.


Cabin Fever Mengancam Keluarga

"Jadi kalau anda menanyakan kapan produk ini dapat dilihat atau dapat didapatkan melalui proses pengadaan bisa saya katakan bulan depan rata-rata sudah siap untuk produksi dalam jumlah massal," ujarnya.

Diketahui, beberapa produk inovasi dalam negeri untuk menangani Covid-19 yang telah diluncurkan Kemenristek antara lain, PCR Test Covid-19, Rapid Diagnostic Test IgG/IgM Civid-19, Emergency Ventilator #BPPT3S-Vent-I, Imunomodulator Herbal Asli Indonesia, Plasma Convalesence, dan Mobile Lab BSL-2. Selain itu juga terdapat Sistem AI untuk deteksi Covid-19, Medical Asistant Robot Raisa-Autonomous UVC Mobile Robot, dan Powered Air Purifying Respirator.

 

Gila! Selebgram Ini Lelang Keperawanan Demi Corona: Start Rp 2 Miliar

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati