logo


Tak Terima Habib Bahar Dipindah ke Nusakambangan, Pengacara: Ini Penculikan?

Pengacara layangkan surat protes ke DPR

21 Mei 2020 04:49 WIB

Bahar bin Smith
Bahar bin Smith Tempo.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pengacara Habib Bahar, Azis Yanuar akan melayangkan surat protes ke Komisi III DPR RI. Ia akan mengadu tekait perlakuan Kemenkum HAM kepada kliennya terkait pencabutan asimilasi dan pemindahan Habib Bahar ke Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Nusa Kambangan.

"Ini saya mau buat surat protes ke KomisiIII DPR terkait kinerja Kementerian Hukum dan HAM ini, Dirjen Pemasyarakatan," kata Azis Yanuar seperti dilansir detikcom, Kamis (21/5/2020).

Azis mengatakan bahwa pihaknya akan protes terkait pencabutan asimilasi Habib Bahar. Menurutnya pelanggaran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) bersifat subjektif.


Habib Bahar Pindah ke Nusakambangan Karena Massa Ricuh, Kuasa Hukum: Lempar Batu Sembunyi Tangan

"Jad itu kita protes, karena alasannya sangat subjektif, dasar hukumnya betul, tapi faktanya tidak sesuai, yang disebarkan itu bukan ditujukan khusus," ujarnya.

Begitu juga dengan ceramahnya yang dianggap provoktif oleh Kemenkum HAM. Menurutnya ceramah adalah salah satu kebebasan menyampaikan pendapat sebagaimana yang diatur oleh Undang-Undang. Ia juga menyayangkan sikap Kemenkum HAM yang memindahkan Habib Bahar ke LP Nusakambangan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

"Itu dihalang-halangi dengan dalih itu, menebar kebencian dan provokatif. Ini kan negara demokrasi kan, bukan negara sesukanya atau negara subjektif kan, jadi harusnya kan bagian dari demokrasi itu mengemukakan pendapat. Jadi pemahamannya anti kritik lah, seperti itu. Itu subjektif sekali dan anti kritik," ujarnya.

"Terus memindahkan dari Gunung Sindur ke LP Batu di Nusakambangan itu dengan LP yang super maksimum security itu, tanpa pemberitahuan ke keluarga dan kuasa hukum. Ini penculikan atau apa?" pungkasnya.

Pengacara Bandingkan Kondisi Habib Bahar dan Ahok, PDIP: Nggak Usah Dikait-kaitkan!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati