logo


Modal Sosial Cara Alternative Menanggulangi Covid-19

Pandemi covid-19 yang saat ini sedang mewabah tidak ada satupun negara yang mampu menghadapinnya.

20 Mei 2020 22:26 WIB

Ilustrasi Wabah Covid-19
Ilustrasi Wabah Covid-19 istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kepala Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (UGM), Rimawan Pradiptyo mengatakan pandemi Covid-19 yang saat ini sedang mewabah tidak ada satupun negara yang mampu menghadapinnya.

Menurutnya membangun modal sosial menjadi alternative cara untuk menanggulangi Covid-19 berserta dampaknya.

Demikian disampaikan Rimawan Pradiptyo saat menjadi pembicara dalam diskusi ISED Series #7 bertajuk 'Webinar Hari Kebangkitan Nasional. Bangkit Dari Covid-19: Memaksimalkan Internet Untuk Mengingkatkan Pendapatan Masyarakat Desa’ yang digelar secara virtual di Jakarta, Rabu (20/5/2020).


Spanyol Pertimbangkan Adanya Perpanjangan Lockdown

Dia menyebut bahwa pandemi pasti menciptakan konstraksi ekonomi, namun safety menjadi leader dalam penanggulangan pandemi.

Selain itu, pandemi juga akan berdampak pada aktivitas ekonomi menjadi turun drastis, namun kebutuhan justru menjadi meningkat akibat pandemi tersebut.

“Bagaimana solusinya? menumbuhkan modal social di masa WFH dan WAG orang indonesia suka berinteraksi dengan media tutur kata,” tuturnya.

Rimawan mengatakan modal dasar yang diperlukan untuk menangani dampak covid-19 yaitu Alkes dan pangan impor, infrastruktur kesehatan minim dan subsidi kepada kaum rentan.

Dalam hal ini, Rimawan menegaskan bahwa masyarakat memiliki potensi tinggi dalam membangun modal sosial.

“Modal sosial dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan modal di atas dan membangun kemandirian masyarakat. Rakyat membantu rakyat,” pungkasnya.

Ekonomi AS Akan Alami Kerusakan Permanen Jika Lockdown Diperpanjang

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar