logo


Australia Klaim Dunia Internasional Dukung Ide Penyelidikan Wabah Covid-19 Mereka, China: Itu Sebuah Lelucon

China menyebut rumusan permohonan penyelidikan yang diajukan oleh Uni Eropa kepada Majelis Kesehatan Dunia (WHA) jauh berbeda dengan apa yang dirumuskan oleh Australia

19 Mei 2020 16:00 WIB

Dubes China untuk Australia Cheng Jingye
Dubes China untuk Australia Cheng Jingye istimewa

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Australia mengklaim bahwa ide penyelidikan wabah virus Corona yang mereka sampaikan beberapa waktu lalu telah mendapat pembenaran dari dunia internasional. Menanggapi hal tersebut, Kedutaan Besar China di Canberra menyebut klaim tersebut hanyalah sebuah lelucon semata.

Australia sendiri merupakan negara kedua setalah AS yang mendesak digelarnya penyelidikan terkait asal usul virus Covid-19 di wilayah China daratan, sebuah langkah yang akhirnya memicu ketegangan diplomasi dengan China.

Namun pada Senin (18/5) malam, dalam sebuah pertemuan dengan Majelis Kesehatan Dunia (WHA) di Jenewa, Swiss, China mengindikasikan bahwa mereka bersedia mendukung penyelidikan dan penelitian independen yang dirumuskan oleh Uni Eropa.


PBB Desak AS dan Rusia Segera Akhiri Konflik Suriah

Kendati demikian, Kedutaan China untuk Australia menyebut rumusan terkait penyelidikan dan penelitian wabah yang diajukan kepada WHA tersebut 'sangat berbeda' dengan apa yang dirumuskan oleh Australia. Oleh karena itu, klaim 'pembenaran' Australia hanya dinilai sebagai sebuah lelucon.

"Mencermati apa yang ditulis pada draft tersebut dapat disimpulkan dengan mudah," ujar Kedubes China dalam sebuah pernyataan tertulis dilansir dari ABC News pada Selasa (19/5).

"Mengklaim resolusi yang diajukan pada WHA sebagai sebuah pembenaran dari permintaan Australia itu sebuah lelucon," imbuh pernyataan tersebut.

Angka Kematian Lebih dari 90 Ribu, Penasihat Presiden AS Salahkan CDC

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia