logo


Angka Kematian Lebih dari 90 Ribu, Penasihat Presiden AS Salahkan CDC

Jumlah kasus Covid-19 di AS telah menembus 1,5 juta kasus, dan pemerintah tengah menyalahkan CDC karena hal tersebut

19 Mei 2020 15:30 WIB

Donald Trump
Donald Trump NDTV

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Angka kematian akibat virus Corona di Amerika Serikat kian meningkat, dan telah menembus 90,000 kematian yang dilaporkan pada Senin (18/5), seiring dengan bertambahnya kasus positif Covid-19 yang mencapai lebih dari 1.5 juta kasus di seluruh penjuru negeri, berdasarkan pantauan Universitas John Hopkins.

Menanggapi hal tersebut, pemerintahan Trump terus mencari kambing hitam. Kali ini, pihaknya menyalahkan CDC yang merupakan sebuah badan pencegahan dan penanganan penyakit menular AS.

"Pada tahap awal wabah, CDC (Pusat Pencegahan dan Penanganan Penyakit Menular AS), yang merupakan pihak yang paling dipercaya terkait masalah penanganan wabah, sungguh telah membuat negara kecewa dengan tes pemeriksaan (yang mereka lakukan)," ujar Peter Navaro, salah satu penasihat perdagangan Presiden Donald Trump kepada NBC, dikuitip Al Jazeera pada Selasa (19/5).


Spanyol Siap Sambut Kedatangan Turis Internasional pada Akhir Juni Mendatang

"Mereka tak hanya terus melakukan pemeriksaan Covid-19 dengan birokrasi (yang bertele-tele), mereka memiliki kualitas pemeriksaan yang buruk, itulah sebabnya kita mengalami kemunduran," imbuh Navaro.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat (HHS) menyatakan bahwa upaya yang telah dilakukan oleh CDC memegang peranan penting dalam dunia kesehatan AS.

"Saya percaya CDC telah menjalankan peran yang penting bagi kesehatan masyarakat," ujar Sekretaris HSS Alex Azar.

"Sayangnya, Populasi Amerika Serikat ini sangatlah beragam," ujarnya kepada CNN.

"Ini bukan tentang kesalahan. Ini semata-mata karena wabah, jika kita memiliki kasus hipertensi dan diabetes, kita memiliki resiko lebih besar mengalami komplikasi gejala yang disebabkan oleh virus Corona," tegas Azar.

PBB Desak AS dan Rusia Segera Akhiri Konflik Suriah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia