logo


Tips Menanam dan Merawat Miracle Fruit, Buah Penghilang Rasa Masam

Apabila anda mengulum Miracle fruit sebelum menyantap makanan yang berasa asam seperti jeruk nipis, maka rasa jeruk nipis itu seketika berubah menjadi manis.

19 Mei 2020 11:52 WIB

Buah Ajaib (Synsepalum dulcificum)
Buah Ajaib (Synsepalum dulcificum) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Miracle berry (Synsepalum dulcificum) biasa juga dikenal dengan nama buah ajaib (Miracle fruit) karena mampu mengubah rasa asam menjadi manis.

Apabila anda mengulum Miracle fruit sebelum menyantap makanan yang berasa asam seperti jeruk nipis, maka rasa jeruk nipis itu seketika berubah menjadi manis.

Rahasia dari keajaiban ini adalah sebuah protein yang bernama miraculin. Saat ini, peneliti bernama Ayako Koizumi dari Universitas Tokyo sudah menemukan bagaimana cara protein tersebut bekerja di lidah kita.


Gampang, Lakukan Cara Ini Agar Pohon Mangga Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat!

Miracle fruit merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Barat. Pohonnya berbentuk perdu berukuran kecil, daun kecil dengan bentuk meruncing dan lebat, buah berukuran kecil berwarna merah mirip buah melinjo.

Tanaman ini cukup mudah dibudidayakan, anda dapat memperoleh bibitnya di toko tanaman hias atau di toko online. Biasanya dijual dalam polybag hasil cangkokan.

Tanaman miracle fruit dapat ditanam di kebun, pekarangan ataupun di dalam pot. Penanaman di pot, Anda harus memastikan pot memiliki lubang drainase yang baik di bagian bawah agar akar tanaman tidak tergenang air siraman.

Media tanam yang digunakan berupa sabut kelapa atau cocopeat, serbuk kayu cemara, dan perlite dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Penggunaan cocopeat akan menambah keasaman media tanam karena tanaman ini tumbuh dengan optimal pada pH minimal 5,5.

Perawatan untuk buah ajaib meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan, penyiangan, dan penanganan terhadap hama dan penyakit.

Penyiraman dilakukan 1 – 2 kali sehari tergantung kondisi tanah/media tanam atau ketika cuaca sangat panas.

Pemupukan dapat dilakukan sebulan sekali. Penambahan cocopeat dapat menambah tingkat keasaman media tanam. Suplai mikronutrien dapat dijaga dengan pemberian pupuk organik atau kombinasi pupuk kimia secara rutin satu bulan sekali.

Pemangkasan dilakukan setahun sekali secara rutin. Pemangkasan ditujukan untuk menjaga tinggi, penampilan dan kesehatan tanaman.

Sedangkan penanganan terhadap hama dan penyakit. Anda dapat melakukannya dengan cara pemberian insektisida dan fungisida hayati sudah cukup untuk mengatasinya. Hama yang perlu diwaspadai hanya kutu daun.

Mudah bukan bertanam miracle fruit, selamat berkebun.

Cara Mudah Membuahkan Pohon Anggur

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar