logo


Jangan Asal Pakai, Begini Cara Pilih Daging Sapi untuk Rendang: Lembut Namun Tidak Hancur

Tips memilih daging sapi

19 Mei 2020 08:58 WIB

Daging sapi.
Daging sapi. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Rendang adalah salah satu makanan khas yang sering kita temui saat lebaran. Apabila kamu hendak memasak rendang, perlu diperhatikan jenis dagingnya. Pilihlah daging sapi yang tepat. Pasalnya jenis daging akan mempengaruhi rasa dan tekstur rendangnya.

Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts Bahran memberikan tips cara memilih daging untuk membuat rendang yang rasanya mengunggah selera. Bahran menyarankan untuk menggunakan daging dari sapi yang muda yaitu yang memiliki pori-pori kecil.

"Paling nggak tekstur pori-porinya agak kecil-kecil, karena itu pasti sapinya nggak tua. Warnanya juga masih bagus, aromanya segar," terang Chef Bahran seperti dilansir Suara.com, Selasa (19/5/2020).


Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Terong Balado

Chef Bahran mengatakan bahwa bagian daging yang paling baik untuk membuat rendang adalah topside yaitu bagian terluar paha sapi belakang. Bagian topside memiliki tekstur daging yang tidak mudah hancur sehingga cocok untuk dibuat rendang.

"Biasanya bagian rendang itu bagian topside, bagian pantat atau paha atas. Karena tekstur dagingnya tidak mudah pecah, ketika lembutnya itu masih utuh tapi masih lembut, nggak jadi hancur," ujar Chef Bahran.

"Kecuali dimasak dengan air panas, seperti abon dan lain-lain. Lebih bagus di dalam tubuh sapi itu yang paling bagus pantat sih ya," pungkasnya.

 

Persiapan Lebaran, Yuk Cobain Resep Nastar Tanpa Oven yang Anti Gagal

Halaman: