logo


Habib Bahar Kembali Ditangkap, Kemenkumham: Video Provokatifnya Resahkan Masyarakat

Kemenkumham beberkan alasan ditangkapnya kembali Habib Bahar

19 Mei 2020 08:06 WIB

Habib Bahar
Habib Bahar detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Rika Aprianta mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap kembali Habib Bahar bin Smith pada Selasa dini hari (19/5/2020). Habib Bahar dinilai telah melanggar program asimilasi yang diberikan kepadanya.

"Alasan ditangkap karena dia melakukan pelanggaran khusus dalam pelaksanaan asimilasinya. Pelanggaran khusus itu adalah antara lain kegiatan yang bersangkutan yang meresahkan masyarakat dengan video provokatif, ceramah provokatif yang meresahkan msyarakat," ujar Rika seperti dilansir CNNIndonesia, Selasa (19/5/2020).

Pelanggaran lain yang Habib Bahar lakukan yaitu mengumpulkan banyak orang dalam ceramahnya. Bahkan jemaah yang hadir tidak menerapkan physical distancing. Hal tersebut termasuk melanggar PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona.


Baru Saja Bebas, Habib Bahar bin Smith Sudah Kena Teguran

Rika menjelaskan bahwa Habib Bahar tidak diberikan pidana tambahan. Namun asimilasinya dicabut sehingga ia harus menjalani sisa masa pidanya di Lapas Gunung Sindur.

"Enggak (ada pidana tambahan), karena dia pelanggaran khusus. Kalau pelanggaran umum dia tindak pidana lagi, kan. Kita masih menilainya masih pelanggaran khusus. Dicabut asimilasinya," pungkasnya.

Langgar PSBB, Habib Bahar bin Smith Kembali Masuk Tahanan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati