logo


Tengah Bersiap Buka Kembali Ekonomi, Jumlah Kasus Covid-19 di Meksiko Malah Meningkat

Meksiko berencana untuk memulai kembali perekonomiannya pada 1 Juni 2020 mendatang

18 Mei 2020 16:39 WIB

Meksiko
Meksiko istimewa

MEKSIKO CITY, JITUNEWS.COM - Meksiko, yang kini tengah bersiap untuk memulai kembali kegiatan perekonomiannya, pada Minggu (17/5), telah melaporkan 49,219 kasus positif Covid-19, atau ada penambahan 2,075 kasus dari hari sebelumnya. Jumlah kematian akibat virus yang menyerang saluran pernafasan tersebut kini telah mencapai 5,177.

Pemerintah pada pekan lalu telah mengeluarkan rencana untuk memulai kembali kegiatan perekonomian secara bertahap pada 1 Juni mendatang. Pada Jumat (15/5), pemerintah Meksiko menyatakan bahwa industri otomotif dapat segera memulai kembali aktifitasnya sebelum 1 Juni dengan syarat perusahaan wajib mematuhi protokol keamanan kesehatan Covid-19.

Deputi Kementerian Kesehatan Meksiko, Hugo Lopez Gatell dalam sebuah konferensi pers yang digelar pada hari Minggu (17/5) mengatakan bahwa jumlah kasus di kawasan Meksiko City kini mulai stabil. Kota tersebut diketahui memiliki jumlah kasus tertinggi di negara tersebut.


China Sebut Masih Terlalu Dini untuk Menggelar Investigasi Covid-19 Saat Ini

Pemerintah juga memperkirakan jika jumlah kasus riil yang ada di Meksiko kemungkinan mencapai 9 kali lipat lebih banyak daripada yang dilaporkan. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan dari penduduk yang terinfeksi enggan untuk pergi ke dokter, tidak menunjukkan gejala ataupun tidak mendapat diagnosa yang tepat.

Menurut pakar kesehatan, Meksiko memiliki rasio kematian yang cenderung lebih tinggi dari rasio rata-rata global sejauh ini lantaran banyaknya penduduk yang memiliki penyakit kronis lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas.

Selandia Baru Luncurkan Aplikasi Pelacakan Kontak Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia