logo


Jika Corona Tidak Reda 2 Hingga 3 Bulan Kedepan, Pemerintah Akan Siapkan Skenario

Perlu kerja sama pemerintah daerah dan pemerintah pusat terkait penanganan corona

18 Mei 2020 05:32 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Deputi V kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodharwardani mengatakan bahwa pemerintah akan menyiapkan skenario apabila pandemi corona tidak mereda dalam dua hingga tiga bulan kedepan. Skenario tersebut meliputi upaya mitigasi dalam menekan penyebaran virus corona terutama di wilayah timur, seperti Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku.

"Kita perlu mempersiapkan beberapa skenario jika pada dua sampai tiga bulan ini di daerah-daerah tersebut Covid-19 tidak merada," kata Jaleswari dalam rapat Penanganan Covid-19 di Kawasan Timur Indonesia melelui keterangan tertulis, Minggu (17/5/2020).

Jaleswari menjelaskan bahwa priotritas saat ini adalah mengantisipasi transmisi lokal dalam penyebaran virus corona. Selain, itu perlu adanya kerja sama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Kekurangan APD bagi tenaga medis juga menjadi perhatian saat ini, termasuk dalam penyalurannya.


Usai Dikritik Terkait Salat Idul Fitri di Masjid, Khofifah Klarifikasi: Hanya Masjid Al Akbar

"Kita tidak bisa melihat penanganan Covid-19 ini sebagai kerja sektoral, tapi membutuhkan solidaritas nasional. Kita perlu membangkitkan modal sosial berdasarkan keunikan daerah masing-masing," ujarnya.

Pada rapat tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan bahwa pihaknya membatalkan rencana PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Pasalnya, banyak warganya sudah memiliki disiplin tinggi dalam mengatasi penyebaran corona.

 

Sindir Warga yang Beli Baju Lebaran di Tengah Pandemi Corona, Walikota Bogor: Menyakiti Orang Kelaparan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati