logo


Lampaui Spanyol dan Italia, Kini Brazil Jadi Negara Ke-4 dengan Jumlah Kasus Covid-19 Terbanyak

Brazil mencatat 233,142 kasus Covid-19 dimana jumlah tersebut telah melampaui Spanyol dan Italia yang sempat menjadi episentrum virus Corona

17 Mei 2020 13:38 WIB

Kota Rio de Janeiro, Brazil
Kota Rio de Janeiro, Brazil istimewa

BRASILIA, JITUNEWS.COM - Jumlah kasus virus Corona di Brazil yang tercatat pada Sabtu (16/5) kemarin telah meningkat tajam, bahkan melampaui jumlah kasus di Spanyol dan Italia sehingga kini menempati urutan ke empat negara dengan jumlah kasus terbanyak di dunia.

Kementerian Kesehatan Brazil mencatat 14,919 kasus baru yang terjadi dalam kurun waktu 24 jam, sehingga jumlah totalnya menjadi 233,142 kasus, dibawah AS, Rusia dan Inggris.

Meledaknya jumlah kasus di Brazil tak lepas dari peran Presiden Bolsonaro yang tidak mengindahkan sejumlah peringatan awal tentang adanya wabah dan menganggap virus Corona Covid-19 sebagai flu biasa yang tidak perlu dikhawatirkan.


Uni Eropa Tangguhkan Pengiriman Masker Kualitas Rendah Buatan China

Ia bahkan mencopot Luiz Henrique Mandetta dari jabatan Menteri Kesehatan usai ia menyarankan untuk segera diberlakukan sejumlah aturan pembatasan guna memutus rantai penyebaran virus, yang dianggap oleh Bolsonaro terlalu berlebihan. Bolsonaro menilai hal tersebut akan membawa dampak buruk terhadap perekonomian Brazil.

Sementara itu, Wakil Presiden Brazil, Hamilton Mourao, yang telah melakukan pemeriksaan Covid-19, tengah menjalani masa isolasi di kediamannya usai seorang pejabat publik yang minggu lalu bertemu dengannya telah dinyatakan positif Covid-19.

Jumlah tes pemeriksaan Covid-19 di Brazil saat ini masih sangat minim jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Eropa. Awal minggu kemarin, mereka telah menggelar 338 ribu tes di sebuah laboratorium milik pemerintah dimana 145 ribu tes lainnya juga akan segera digelar.

Ajak Berdamai dengan Virus Corona, Pemerintah: Bukan Menyerah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia