logo


Soal Pelaksanaan Salat Idul Fitri, MUI Minta BNPB Terbitkan Peta Zona Merah

BNPB diminta untuk menerbitkan peta zona merah dan zona hijau di daerah saat wabah corona

17 Mei 2020 03:15 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menggelar rapat bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam rapat tersebut BNPB membahas mengenai kebijakan yang telah diambil dalam percepatan dan penanganan Covid-19 selama tiga bulan.

"Intinya secara umum bahwa pemerintah memaparkan melalui Gugus Tugas BNPB bagaimana kebijakan penanganan (COVID-19) selama tiga bulan, intinya banyak capaian-capaian yang diperoleh dari baik dari segi pencegahanan maupun sarana prasarana kesehatan," kata Wasekjen MUI Amirsyah Tambunan kepada wartawan, Sabtu (26/5).


Minta Iuran BPJS Kelas I Rp 1 Juta, Wasekjen MUI: Pasti Pemeritah Akan Sangat Nyaman

Amirsyah mengatakan bahwa masih perlu dilakukan evaluasi agar segera bisa memutus mata rantai corona.

"Tapi memang masih disadari bahwa ada keterbatasan maka itu perlu dilakukan evaluasi atau dengan kata lain perlu monitoring evaluasi dengan melibatkan semua pihak. Supaya apa? Supaya dalam penanganan dalam arti pencegahan maupun penanganan dalam arti kuratif pengobatan, itu bisa dilakukan segera dalam rangka memutus mata rantai COVID-19," ujarnya.

Amirsyah mengatakan bahwa BNPB diminta untuk menerbitkan peta zona merah dan zona hijau di daerah. Hal tersebut berkaitan dengan kebijakan pelaksanaan salat Idul Fitri secara berjamaah.

"Kita minta dari Badan Penanggulangan Bencana Satgas COVID-19 memetakan Indonesia ini seperti apa. Sehingga dengan peta yang jelas itu kita tidak ragu, kalau masih ragu ini zona merah maka sebaiknya kita menahan diri dan berjamaah di rumah termasuk salat Idul Fitri di rumah saja karena kita tidak tahu daerah mana yang merah dan hijau. Itu harus jelas petanya," katanya.

"Tentu semua pihak harus duduk bersama, tidak hanya pemerintah dalam hal ini, Departemen Kesehatan, BNPB, MUI harus duduk bersama melihat satu persatu zona ini apakah zona merah atau zona hijau," pungkasnya.

Bolehkah Salat Idul Fitri Dilakukan Secara Virtual? Ini Kata MUI

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata