logo


Tips Bertanam Si Ratu Malam, Bunga Wijaya Kusuma

Wijaya kusuma (Epiphyllum oxypetalum) adalah tanaman hias yang banyak ditanam di Indonesia. Bunga Wijaya kusuma memiliki beberapa nama lain seperti Queen of the night dan Orchid cactus.

15 Mei 2020 14:24 WIB

Wijaya kusuma (Epiphyllum oxypetalum)
Wijaya kusuma (Epiphyllum oxypetalum) thehijau.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wijaya kusuma (Epiphyllum oxypetalum) adalah tanaman hias yang banyak ditanam di Indonesia. Bunga Wijaya kusuma memiliki beberapa nama lain seperti Queen of the night dan Orchid cactus.

Keunikan tanaman hias ini terletak pada bunganya yang hanya mekar pada malam hari sekitar jam 12 malam dan akan kuncup kembali beberapa saat kemudian. Bunganya cukup harum dengan diameter antara 8-16 cm.

Bertanam wijaya kusuma dapat dilakukan dengan menyetek batangnya. Batang tanaman yang akan distek harus yang sehat dan segar sepanjang 12 cm – 18 cm. Kemudian batang diangin-anginkan selama 2 hingga 3 hari, lalu bibit dapat ditanam.


Tips Ternak Lele di Kolam Terpal

Jika anda tidak ingin ribet, Anda dapat membeli bibit bunga wijaya kusuma di toko tanaman hias atau di toko online.

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga wijaya kusuma harus yang subur, bersih dan porous. Gunakan media tanam berupa campuran pasir, pupuk kandang, cacahan pakis halus, dan tanah humus dengan perbandingan 2:3:1:4 atau 1:3:2:4.

Aduk media tanam tersebut hingga tercampur rata, lalu masukkan ke dalam pot dengan diberi alas berupa pecahan genteng sebagai penahan.

Masukkan bibit bunga wijayakusuma ke dalam media tanam, kemudian tutup kembali bibit tersebut dengan tanah yang ada disekitarnya.

Setelah melakukan penanaman, jangan lupa lakukan penyiraman dengan air jernih. Sehingga bibit bunga Wijayakusuma dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Perawatan bunga wijaya kusuma hampir sama dengan perawatan untuk tanaman hias lain. Lakukan penyiraman seminggu sekali dan usahakan jangan sampai air tergenang karena tanaman ini termasuk keluarga kaktus yang tahan panas dan kekeringan.

Setelah satu bulan tanam, lakukan pemupukan ulang pada bunga wijaya kusuma. Saat pemupukan, berikan pupuk NPK digunakan dalam dosis yang disarankan.

Lakukan Penyiangan secara teratur untuk mencegah gulma tumbuh di tanaman pot. Jika gulma dibiarkan tumbuh maka dapat merebut nutrisi dalam tanah.

Apabila tanaman sudah berumur 6 bulan, lakukan pengantian pot yang berukuran lebih besar agar pertumbuhan wijaya kusuma lebih optimal. Pergantian pot juga dimaksudkan untuk akar tanaman mendapat ruang untuk bergerak lebih banyak.

Itulah cara bertanam bunga wijaya kusuma, yuk berkebun.

Tips Menanam Pepaya California

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar