logo


Kiat Mudah Bertanam Angelonia, Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Angelonia merupakan salah satu tanaman hias bunga populer yang biasa ditanam dalam pot, tanaman famili Scrophulariaceae ini juga digunakan sebagai tanaman hias pekarangan.

15 Mei 2020 12:56 WIB

Angelonia angustifolia
Angelonia angustifolia Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Angelonia angustifolia merupakan tanaman hias yang berasal dari Meksiko hingga Hindia Barat. Tanaman herba ini memiliki banyak nama, diantaranya Angelonia, Willowleaf angelon, Angel mist, Summer snapdragon dan Angel flower.

Tinggi tanaman angelonia berkisar 0,5 - 1 meter dan memiliki daun yang beraroma seperti apel. Seluruh bagian tanaman mengeluarkan aroma khas, sehingga tanaman ini juga dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Angelonia merupakan salah satu tanaman hias bunga populer yang biasa ditanam dalam pot, tanaman famili Scrophulariaceae ini juga digunakan sebagai tanaman hias pekarangan.


Wijaya Kusuma, Si Tanaman Misterius yang Mekar di Malam Hari

Perbanyakan angelonia menggunakan biji, stek batang maupun dengan pemisahan rumpun. Bagi Anda yang ingin menanam angelonia, bisa mendapatkan bibitnya di toko online.

Tanamlah bibit angelonia di pot dengan media tanam yang memiliki drainase baik. Tempatkan di tempat teduh beberapa minggu, kemudian secara bertahap pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Tanaman angelonia akan tumbuh dengan baik pada tempat dengan paparan sinar matahari penuh sepanjang hari namun masih toleran terhadap tempat teduh sebagian.

Angelonia juga perlu mendapatkan perawatan. Lakukan penyiraman sehari sekali, terutama saat media tanam kelihatan mengering.

Pemupukan juga wajib diberikan agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman bunga angelonia tercukupi. Pemupukan dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk cair.

Pangkaslah tanaman agar angelonia menghasilkan daun yang lebih padat pada perumbuhan berikutnya. Angelonia akan berbunga kembali hanya dalam waktu 2-3 minggu.

Mudah bukan bertanam Angelonia angustifolia di pot, selamat berkebun.

Cara Mudah Bertanam Bunga Jengger Ayam

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar