logo


Dihantam Wabah Covid-19, Ratusan Klub Eropa Terancam Bangkrut

Sepak bola Eropa menjadi salah satu industri olahraga yang paling terdampak wabah Covid-19

14 Mei 2020 17:33 WIB

Stadion Old Trafford
Stadion Old Trafford istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia tentu membawa imbas buruk terhadap berbagai sektor, tak terkecuali olahraga. Sepak bola Eropa kini tengah menghadapi krisis finansial yang sangat buruk, dimana ratusan klub menghadapi risiko kebangkrutan.

Hal tersebut disebabkan karena mereka tak mendapat pendapatan dari penjualan tiket karena ditundanya kompetisi di sebagian besar negara selama dua bulan belakangan, yang tampaknya akan berlangsung hingga beberapa bulan mendatang.

"Saya pikir ancaman terbesar yang dihadapi klub sepak bola dalam enam bulan belakangan adalah kelangsungan hidup klub-klub kecil," kata Direktur Lokomotiva Zagreb Dennis Gudasic, dikutip dari Al Jazeera pada Kamis (14/5).


Virus Covid-19 Kemungkinan Tak Akan Pernah Hilang dari Bumi

Ia memperingatkan kemungkinan 100 hingga 200 klub Eropa bisa saja mengalami kebangkrutan pada bulan September dan Oktober mendatang.

Badan sepakbola dunia, FIFA, telah setuju untuk mengundur periode jendela transfer yang biasanya dilangsungkan pada bulan Juli-Agustus, seiring dengan tidak jelasnya kelanjutan kompetisi Eropa musim 2019/2020.

"Merupakan ide yang bagus untuk memperpanjang masa jendela transfer dari musim panas hingga musim dingin 2021, sehingga klub mendapat kemungkinan untuk merencanakan keuangan dengan lebih baik," ujar Sadowski.

Sementara itu, Asosiasi Klub Eropa (ECA) mengatakan bahwa mereka tengah menghadapi ancaman serius terhadap keberlangsungan hidup klub.

Bahkan Presiden Juventus menyebut jika wabah Covid-19 sebagai tantangan terbesar yang pernah dihadapi oleh industri sepakbola.

Penelitian Menunjukkan Kucing Bisa Terinfeksi Virus Covid-19 Tanpa Adanya Gejala

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia