logo


Penelitian Menunjukkan Kucing Bisa Terinfeksi Virus Covid-19 Tanpa Adanya Gejala

Peneliti mengungkap jika hewan peliharaan kucing dapat tertular virus Covid-19 tanpa menunjukkan gejala

14 Mei 2020 16:59 WIB

Kucing
Kucing Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebuah eksperimen laboratorium yang dilakukan oleh sejumlah dokter hewan di Sekolah Dokter Hewan Wisconsin, Amerika Serikat, membuktikan bahwa kucing dapat menyebarkan virus Corona Covid-19 kepada kucing lain meskipun mereka tidak mengalami gejala apapun.

Para pakar menyatakan bahwa diperlukan adanya penelitian lebih lanjut mengenai apakah virus Covid-19 yang ditularkan dari manusia ke hewan piaraan seperti kucing, dapat kembali ditularkan kepada manusia.

Asosiasi Dokter Hewan AS mengatakan pada sebuah pernyataan bahwa hanya karena hewan dapat terinfeksi virus tersebut pada pengujian laboratorium, bukan berarti mereka dapat mudah terinfeksi virus dalam kondisi natural.


Berhasil Atasi Wabah Covid-19, Australia Hadapi Tingginya Tingkat Pengangguran

Peter Halfmann, pakar virus, mengatakan bahwa adanya penelitian tersebut membuat semua orang setidaknya melakukan upaya pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan.

"Jangan mencium hewan peliharaanmu dan jagalah kebersihan untuk menghentikan hewan peliharaan tersebut terkena virus," ujarnya dikutip dari South China Morning Post pada Kamis (14/5).

Sebelumnya, para peneliti mengambil sampel virus Covid-19 dari manusia yang kemudian disuntikkan kepada tiga ekor kucing. Kucing-kucing yang terinfeksi tadi kemudian diletakkan pada tiga kandang yang berbeda, dimana setiap kandang sudah ditempatkan satu kucing sehat. Dalam waktu lima hari, keenam kucing tersebut diketahui terbukti terinfeksi Covid-19. Kendati demikian, tidak ada satu pun kucing yang menunjukkan gejala.

"Tidak ada yang bersin, batuk, suhu tubuh mereka tidak naik dan berat badan tidak mengalami penurunan," ujar Halfmann.

Kelompok peneliti tersebut menyatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa binatang, termasuk hewan peliharaan, yang tertular secara tak sengaja oleh hewan, ikut berperan dalam penyebaran wabah Covid-19.

Kendati demikian, peneliti mencatat sejumlah penyakit yang ditularkan dari hewan peliharaan ke manusia, sehingga tingkat kebersihan menjadi hal yang penting.

"Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang hewan peliharaan, dan jagalah kebersihan termasuk makanan dan tempat minumnya," tukasnya.

Virus Covid-19 Kemungkinan Tak Akan Pernah Hilang dari Bumi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia