logo


Korban Tewas Akibat Covid-19 di AS Jauh Lebih Tinggi dari Pantauan

Hal itu menurut laporan yang dirilis oleh Pusat Pengendalian Penyakit Menular (AS)

13 Mei 2020 20:41 WIB

New York Amerika Serikat saat diberlakukan lockdown
New York Amerika Serikat saat diberlakukan lockdown Tempo.co

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Jumlah korban tewas akibat Covid-19 di Amerika Serikat bisa jadi jauh lebih banyak dari jumlah yang dilaporkan oleh pemerintah. Hal itu berdasar pada sebuah analisa yang dirilis pada Senin (11/5) oleh Pusat Pengendalian Penyakit Menular (CDC) AS.

Laporan tersebut menyatakan bahwa antara pertengahan Maret hingga awal Mei, sedikitnya 24 ribu orang New York lainnya tewas. Jumlah tersebut tentunya jauh diatas prediksi para peneliti dan pakar yang hanya memperkirakan korban tewas mencapai 18 ribu.

Hal itu kemungkinan disebabkan karena adanya kekhawatiran dari warga untuk tidak pergi ke rumah sakit meskipun membutuhkan pertolongan medis.


AS Longgarkan Pembatasan, Kanada Pantau Ketat Wilayah Perbatasan

"Melacak angka kematian yang diluar prediksi sangatlah penting untuk memahami apakah hal tersebut disebabkan oleh wabah Covid-19 ataukah kurangnya kemampuan fasilitas medis bagi kondisi non-Covid," jelas laporan tersebut seperti dikutip dari Al Jazeera pada Rabu (13/5).

Laporan yang beradasar pada data yang dihimpun oleh Dinas Kesehatan dan Kebersihan Kota New York tersebut menggarisbawahi adanya tantangan yang dihadapi oleh pemerintah dalam menanggulangi jumlah korban akibat krisis yang terjadi.

Tercatat hingga Minggu (10/5), Kota New York telah melaporkan sedikitnya 14,800 kematian yang terkonfirmasi disebabkan oleh Covid-19, sementara 5,200 kematian lainnya kemungkinan disebabkan oleh alasan lain, dimana kematian yang disebabkan oleh penyakit kronis seperti jantung dan diabetes, seringkali dikaitkan dengan kematian Covid-19.

Polisi Italia Ringkus Puluhan Anggota Mafia yang Coba Manfaatkan Situasi Pandemi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia