logo


AS Longgarkan Pembatasan, Kanada Pantau Ketat Wilayah Perbatasan

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kasus impor penularan Covid-19

13 Mei 2020 19:46 WIB

Justin Trudeau
Justin Trudeau Ist

OTTAWA, JITUNEWS.COM - Kanada memutuskan untuk memperketat pemantauan di wilayah perbatasan, menyusul beberapa negara bagian Amerika Serikat berencana untuk melonggarkan pembatasan sosial pada akhir pekan ini.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menyatakan bahwa dirinya akan membahas mengenai mekanisme pembukaan kembali perbatasan dengan AS.

"Kami tengah mencari cara untuk menerapkan kebijakan yang lebih tegas guna memastikan orang-orang yang melintasi perbatasan aman dari virus Corona Covid-19," kata Trudeau di Ottawa, dilansir dari CNN pada Rabu (13/5).


'Pengalaman' Sektor Industri Film Dewasa Bisa Bantu Hollywood Adaptasi dengan Pandemi Covid-19

Kanada saat ini tengah menyiapkan dokumen bagi semua pendatang yang menyeberang melalui perbatasan AS, perangkat lunak pelacakan, serta mewajibkan pengecekan temperatur badan dan menunjukkan rekam medis.

"Kami akan meningkatkan kewaspadaan dalam membuka kembali perjalanan internasional, khususnya dari wilayah AS" ujar Trudeau.

Trudeau dan sejumlah pemerintah setempat Kanada mengaku khawatir dengan rencana AS untuk membuka kembali wilayah perbatasan mereka. Bukan tanpa alasan, kekhawatiran mereka didasari atas meningkatnya jumlah kasus virus Corona Covid-19 di AS.

"Mengantisipasi kasus penularan dari luar Kanada, setelah kita berhasil mengendalikan wabah di dalam negeri, tentunya menjadi hal penting untuk mencegah adanya gelombang kedua dimana situasinya bisa menjadi lebih buruk," ujar Trudeau.

Olympiade Ditunda, Atlet Anggar Jepang Alih Profesi Jadi Tukang Antar Makanan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia