logo


Kurangi Pupuk, Agar Hoya Rajin Berbunga

Munculnya hoya sebagai tanaman hias di Indonesia tak dapat dipisahkan dari peran peneliti Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Sri Rahayu.

13 Mei 2020 15:54 WIB

Bunga Hoya (Hoya arnottiana)
Bunga Hoya (Hoya arnottiana) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Hoya (Hoya arnottiana) adalah tanaman tropis yang berasal dari India dan Asia Timur.

Munculnya hoya sebagai tanaman hias di Indonesia tak dapat dipisahkan dari peran peneliti Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Sri Rahayu.

Berkat kerja kerasnya, tanaman yang awalnya dianggap sebagai sampah atau sebagai tumbuhan semak belaka, kini mulai mendapat tempat di hati masyarakat.


Tips Ternak Lele di Kolam Terpal

Bunga hoya umumnya diperbanyak dengan cara stek daun maupun cangkok. Namun jika Anda ingin mencoba menanamnya, bibit hoya dapat diperoleh dengan membelinya di toko online.

Dalam membudidayakan tanaman hoya, media tanam adalah hal yang harus diperhatikan pasalnya media tanam yang tepat menjamin tanaman berumur panjang.

Tanamlah hoya di pot yang memiliki drainase yang cukup baik. Media tanam yang digunakan berupa campuran media yang tepat antara lain terdiri atas sabut kelapa, humus dan sedikit pakis. Hoya menyukai media tanam lembap tapi porus atau mudah mengalirkan air.

Siramlah tanaman hoya dengan memperhatikan kelembaban medianya, jika media terlalu lembab sebaiknya tanaman tidak perlu disiram. Apabila media terlalu basah bisa membuat tanaman hoya mati.

Tempatkan tanaman hoya di tempat yang terang dan tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Pemangkasan tanaman sangat perlu dilakukan karena hoya adalah jenis tanaman yang memiliki pertumbuhan sangat cepat.

Perhatikan juga kelembaban media tanam, apabila terlalu kering ataupun terlalu basah dapat membuat bunga jatuh berguguran.

Tanaman hoya berbeda dengan tanaman hias lain, hidari pemupukan berlebihan karena dapat mengurangi keindahan tanaman. Apabila tanaman hoya terlalu subur, maka hoya akan hoya merambatkan daun dan sedikit berbunga.

Tips Menanam Pepaya California

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar