logo


Lebih Sehat Buka Puasa Pakai Teh Manis atau Air Putih?

Ketika berbuka puasa banyak yang menyarankan untuk minum minuman yang manis-manis

13 Mei 2020 15:03 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketika berbuka puasa banyak yang menyarankan untuk minum minuman yang manis-manis, seperti es buah, teh manis, atau kolak. Hal itu bertujuan mengembalikan energi.

Sementara itu, pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih terlebih dulu ketika perut benar-benar kosong. Hal itu bertujuan menghidrasi tubuh.

"Tetap mengonsumsi air sebanyak 8 gelas dalam sehari meski sedang berpuasa. Kamu bisa melakukannya dengan cara minum dua gelas air putih saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dan empat gelas di malam hari," ujar ahli gizi dokter Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalis, seperti dilansir dari Detik Health, Rabu (13/5).


Dijamin Lezat! Menu Buka Puasa Ini Cocok untuk Penderita Diabetes

Menurut Livestrong dan America Journal of Clinic Nutrition, teh mengandung katekin dan antioksidan yang alami. Kandungan tersebut bermanfaat melindungi dan mencegah komplikasi penyakit.

Pakar kesehatan tidak menyarankan untuk meminum teh manis ketika perut kosong. Karena teh juga mengandung kafein, yang bisa memicu naiknya asam lambung.

Oleh karena itu, disarankan untuk berbuka puasa dengan minum air putih dulu agar tidak menimbulkan risiko penyakit berbahaya ya Kawan Jitu.

 

 

Kesalahan Pakai Masker Ini Berisiko Penularan Virus

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata