logo


Tips Jitu Menanam Bunga Lipstik, Tanaman Hias dari Hutan Tropis

Bunga lipstik adalah jenis tanaman hias yang tumbuh merambat sehingga sangat cantik apabila dijadikan sebagai tanaman hias pot gantung.

13 Mei 2020 13:47 WIB

Bunga Lipstik (Aeschynanthus radicans)
Bunga Lipstik (Aeschynanthus radicans) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Aeschynanthus radicans adalah tanaman yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama bunga lipstik.

Bunga lipstik adalah jenis tanaman hias yang tumbuh merambat sehingga sangat cantik apabila dijadikan sebagai tanaman hias pot gantung.

Tanaman ini di habitatnya tumbuh secara epifit yaitu menumpang pada tanaman lain atau merambat di tanah hutan yang penuh dengan serasah-serasah daun. Tanaman ini berasal dari hutan tropis Asia Tenggara dan Amerika Serikat.


Trik Merawat Bunga Alamanda di Pot

Menanam bunga lipstik sangat mudah, namun ada syarat yang harus diperhatikan agar tanaman ini tumbuh dengan baik. Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam cara menanam bunga lipstik adalah melakukan persiapan terlebih dahulu.

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga lipstik adalah lumut spagnum moss karena dapat menjaga menyimpan air agar media tetap lembab.

Setelah tanaman lisptik ditanam di pot, tempatkan di tempat yang sangat terang namun tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Perlu diketahui bunga lipstik tidak akan mekar tanpa cahaya yang cukup.

Lakukan perawatan bunga lisptik, siramlah sehari sekali dengan air bersih. Anda dapat menggunakan spayer agar media tidak terlalu becek. Pastikan air siraman tidak merendam media karena akan berisiko terkena akar busuk dan masalah jamur.

Pangkas tanaman lipstik segera setelah tanaman berhenti berbunga. Bunga umumnya mekar di ujung batang baru dan pemangkasan tanaman bunga lipstik yang terlambat akan menyebabkan tertundanya pembentukan bunga.

Jika tanamannya terlalu rimbun, potong batang terpanjang sampai beberapa inci di atas media, tapi sisakan bagian yang lebih padat di bagian tengah tanaman.

Tanaman lipstik juga perlu dipupuk. Lakukan pemupukan. Anda dapat memberikan pupuk NPK untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Kiat Sukses Budidaya Melati Belanda

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar