logo


Kesalahan Pakai Masker Ini Berisiko Penularan Virus

Kesalahan dalam memakai masker juga bisa menyebabkan meningkatnya risiko penularan virus

12 Mei 2020 19:30 WIB

Masker
Masker Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat ini semua orang diimbau untuk memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini bertujuan agar tidak tertular virus corona (Covid-19).

Tapi kesalahan dalam memakai masker juga bisa menyebabkan meningkatnya risiko penularan virus. Berikut ini kesalahan dalam menggunakan masker yang harus dihindari.

1. Hanya menutupi mulut


Olahraga Setelah Buka Puasa, Ini Tipsnya

Memakai masker dengan posisi yang terlalu ke bawah dan hanya menutupi mulut adalah sebuah kesalahan. Menggunakan masker dengan cara tersebut berisiko menyebabkan penularan virus. Paparan hidung yang terbuka bisa meningkatkan risiko infeksi virus.

2. Membuka masker dan menyimpannya dalam tas

Membuka masker dan menyimpannya dalam tas saat berada di ruang terbuka membuka kemungkinan risiko penularan virus. Bagian dalam masker seharusnya menjadi bagian yang steril dan bersih dari paparan benda asing.

3. Masker terlalu longgar

Masker harus menutup bagian mulut dan hidung dengan baik. Menggunakan masker yang terlalu longgar berisiko menjadi ruang penyebaran virus.

4. Sering menyentuh masker

Menyentuh dan merapikan masker berulang kali menyebabkan masker terpapa tanganmu yang kotor.

5. Menggunakan masker berkali-kali

Tidak semua masker bisa digunakan berkali-kali. Lebih baik gunakan masker kain yang bisa dipakai berkali-kali dan cuci terlebih dahulu jika ingin menggunakannya kembali.

Bahaya bagi Tubuh, Hindari Makanan Ini Saat Sahur

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata