logo


Ingin Awet Muda? Konsumsi 5 Makanan Ini Ya

Tidak harus melakukan perawatan tubuh yang mahal untuk mendapatkan kulit yang segar dan awet muda

12 Mei 2020 18:45 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tidak sedikit orang ingin memiliki kulit yang sehat dan tampak awet muda.

Ternyata untuk mendapatkan hal itu tidak harus melakukan perawatan tubuh, tapi cukup dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

Kolagen merupakan protein yang memberi kulit struktur, kekenyalan, dan peregangan. Seiring usia bertambah, tubuh manusia akan menghasilkan lebih sedikit kolagen di kulit.


Ingin Kulit Tetap Lembap Selama Berpuasa? Lakukan Hal Ini

Kawan Jitu bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

1. Air kaldu

Penelitian menyatakan bahwa kaldu tulang merupakan salah satu sumber kolagen yang baik untuk tubuh. Kaldu tulang mengandung kalsium, magnesium, kolagen, fosfor, asam amino, dan nutrisi lainnya. Memasak sup dengan kaldu asli bisa membantu mendapatkan asupan kolagen tambahan.

2. Ikan dan kerang

Ikan dan kerang memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Kolagen dari hewan dipercaya paling mudah diserap. Bagian ikan yang paling kolagennya adalah kepala dan bola mata.

3. Buah tropis

Buah-buahan tropis memiliki khasiat yang baik terkait kolagen dalam tubuh. Mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji mengandung seng yang merupakan faktor pendamping lain untuk produksi kolagen.

4. Ayam

Kebanyakan suplemen kolagen berasal dari ayam. Daging ayam mengandung banyak nutrisi dan gizi. Jaringan ikat dalam ayam merupakan sumber kolagen yang sehat. Peneliti menemukan bahwa leher dan tulang rawan ayam adalah sumber kolagen yang baik untuk perawatan radang sendi.

5. Putih telur

Putih telur memiliki sejumlah besar protein. Protein ini merupakan satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen dalam tubuh.

Kebiasaan Sepele Ini Bikin Kulit Cerah dan Berat Badan Ideal

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata