logo


Kiat Sukses Budidaya Melati Belanda

Melati Belanda (Quisqualis indica L) adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini di Indonesia dikenal dengan banyak nama diantaranya Ceguk, Wundani dan Rangon creeper.

12 Mei 2020 16:00 WIB

Melati Belanda (Quisqualis indica L)
Melati Belanda (Quisqualis indica L) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Melati Belanda (Quisqualis indica L) adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini di Indonesia dikenal dengan banyak nama diantaranya Ceguk, Wundani dan Rangon creeper.

Melati belanda tersebar di seluruh nusantara yang tumbuh liar dihutan, ladang, semak belukar dan kadang ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat.

Pohon melati belanda merambat hingga mencapai 8 meter, oleh karena itu tanaman ini banyak dijadikan sebagai tanaman pergola. Meski tanaman ini merambat, namun anda bisa menanamnya sebagai tanaman hias pot.


Belum Panen, Pasokan Bunga Hias di Solo Alami Penurunan

Untuk menanam melati belanda dalam pot, Anda sebaiknya menggunakan pot yang berukuran besar. Batang tanaman melati belanda sangat lemah oleh karena itu buatlah penyangga di pinggir pot, Anda bisa menggunakan bambu maupun kawat anti karat.

Menanam melati belanda sebaiknya dilakukan saat musim penghujan untuk menghindari kekeringan. Tanaman melati belanda bisa diperbanyak dengan setek batang dan cangkok.

Media yang digunakan untuk menanam melati belanda adalah campuran tanah dan pupuk kandang. Tanam bibit melati belanda tepat di tengah pot.

Agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,lakukan penyiraman secara teratur. Hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama jika daerah Anda termasuk kedalam daerah panas atau kering dengan curah hujan yang sedikit.

Tempatkan tanaman melati belanda yang memiliki akses sinar matahari secara penuh. Tanaman melati belanda membutuhkan banyak sinar matahari untuk mengoptimalkan pertumbuhannya sehingga mampu berbunga semarak.

Bunga Pagoda, Mudah Ditanam dan Banyak Manfaat

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar