logo


Cara Mudah Bertanam Gingseng Jepang, Gobo

Gobo, akar tanaman burdock (Arctium lappa) merupakan tanaman yang banyak digunakan dalam pengobatan China maupun pengobatan herbal di negara barat.

12 Mei 2020 14:41 WIB

Gobo, akar tanaman burdock (Arctium lappa)
Gobo, akar tanaman burdock (Arctium lappa) Tempo.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Gobo, akar tanaman burdock (Arctium lappa) merupakan tanaman yang banyak digunakan dalam pengobatan China maupun pengobatan herbal di negara barat. Tanaman seperti singkong ini umumnya ditemukan di Asia Utara, Eropa dan Amerika Serikat

Gobo adalah tanaman yang dimanfaatkan bagian akarnya. Bagi anda yang tertarik menanam gobo, maka bibitnya bisa diperoleh dari pohon yang sudah berumur tua yaitu lebih dari 1,5 tahun.

Gobo diperbanyak dari biji bunga tanaman gobo, dan tiap pohon ada 2-3 bunga. Satu bunga berisi biji sekitar 20-30 buah. Kemudian bunga dipangkas dan ambil bijinya. Kupas kulit bunga dan cuci biji sampai bersih lalu siap ditanam.


​Buah Makasar Obat Darah Tinggi

Biji gobo langsung ditanam di lahan pembibitan, tetapi dapat juga memperbanyaknya dalam polybag dari hasil kultur jaringan bibit yang telah tumbuh setinggi 10-15 cm dan minimal telah memiliki 2 helai daun.

Penyemaian bibit dapat dilakukan di lahan pembibitan atau di dalam polybag. Saat penyemaian pastikan tanah mengandung unsur hara yang cukup dan air yang cukup agar bibit tidak kekurangan air.

Sebelum biji gobo disemai pastikan bersih dari tanah, telah direndam dengan fungisida dan bakterisida sekitar 5 menit. Setelah itu biji disemai pada tanah gembur dan telah diberi pupuk kompos.

Biji kemudian diberi pelindung dengan jerami padi atau disebut “sharlon net”.
Jika biji telah tumbuh menjadi bibit berumur 1 bulan dan memiliki 1-2 daun, maka bibit siap dipindah tanam.

Bibit gobo sebaiknya dipelihara di bawah paranet selama 2 minggu dalam persemaian sebelum akhirnya dipindah tanam ke lahan.

Pada persemaian di polybag sebaiknya gunakan pupuk daun seperti gandasil seminggu sekali dengan dosis 5 cc per liter sejak tanaman berusia 1 bulan hingga tanaman berumur 2 bulan dari sejak tanam. Barulah bibit dapat dipindah tanam ke lahan terbuka.

​Konsumsi Ubijalar Ungu BAB Lancar

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×