logo


Cara Mudah Bertanam Lemon di Pekarangan Sempit

Jeruk lemon disebut-sebut berasal dari Asia Timur. Tanaman ini tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin

12 Mei 2020 12:10 WIB

Buah lemon.
Buah lemon. jkt.life

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Buah Lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam masakan.

Jeruk lemon disebut-sebut berasal dari Asia Timur. Tanaman ini tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin.

Penanaman lemon besar pertama di Eropa bermula di Genoa pada pertengahan abad ke-15. Lemon kemudian diperkenalkan ke Amerika tahun 1493 ketika Christopher Columbus membawa biji lemon untuk Hispaniola sepanjang perjalanan itu.


Waspada dengan Efek Samping Air Lemon Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Pada abad ke-18 dan 19, lemon semakin banyak ditanam di Florida dan California, ketika itu lemon mula digunakan dalam masakan dan perisa.

Bagi Anda yang ingin menanam lemon, tanaman ini bisa ditanam menggunakan pot sebagai Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) untuk menghiasi perkarangan rumah.

Dilansir dari dari laman Boldsky. Menanam lemon cukup sederhana dan mudah, yuk simak!

1. Siapkan Pot

Sebelum menanam lemon, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan pot sebagai media tanamnya. Pot harus memiliki kedalaman sekitar 15-18 cm dan berdiameter sekitar 8-13 cm untuk menanam bibit benih. Nantinya, bibit perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar dengan diameter kira-kira sekitar 38-46 cm.

2. Pilih Benih

Belilah lemon organik, kemudian potong dan keluarkan bijinya. Carilah biji yang besar dan penuh untuk dijadikan benih terbaik. Jangan biarkan benih mengering, jadi diamkan di dalam mulut sebelum ditaburkan ke tanah. Campurkan air dengan tanah yang subur di dalam ember.

Masukkan tanah ke dalam pot, lalu taburkan dan tanam benih sekitar 1 cm di dalam pot. Tutupi benih dengan tanah dan siram secara perlahan. Tutup pot dengan penutup plastik untuk menjaga kelembaban benih, berikan juga beberapa lubang agar benih tetap bisa bernapas dengan baik.

3. Perhatikan Penempatan dan Air

Letakkan pohon lemon dengan pencahayaan yang cukup, terutama saat benih baru akan dikembangkan. Mereka membutuhkan sekitar 10-14 jam sinar matahari per harinya. Pastikan juga, pot di dalam tanah cukup air sehingga kelembaban tetap terjaga. Saat biji lemon mulai berkecambah, jagalah kondisi pohon agar tetap hangat dan lembab.

Pertama, membuka penutup plastik dari pot dan letakkan ke tempat yang hangat. Jangan biarkan tanah di dalam pot mengering. Periksa juga apakah panas terlalu berlebihan atau justru kelembaban sehingga benih membusuk.

4. Pemupukan

Masukkan pupuk organik seperti kompos dari hewan peliharaan Anda. Pupuk akan membantu agar pertumbuhan pohon menjadi lebih segar, sehat, dan cepat. Setidaknya gunakan pupuk kompos dua kali atau lebih dalam setahun. Namun, jangan terlalu sering juga. Sekiranya dibutuhkan 3-5 tahun agar pohon lemon menghasilkan buah yang segar. Jagalah terus agar pohon terbebas dari hama ya!

Nah, mudah kan? Selamat menanam lemon ya!

Hanya dengan Minum Air Lemon Tiap Pagi, Kamu Akan Dapat 5 Manfaat Mujarab Ini

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar