logo


Gara-gara Wabah Virus Corona, Maskapai Terbesar di Amerika Latin Ini Bangkrut

Avianca menjadi perusahaan maskapai pertama yang dinyatakan bangkrut pada masa pandemi Covid-19

11 Mei 2020 17:23 WIB

Maskapai Avianca
Maskapai Avianca istimewa

BOGOTA, JITUNEWS.COM - Maskapai nasional Kolombia, Avianca, dikabarkan telah mengalami kebangkrutan. Maskapai terbesar kedua di Amerika Latin tersebut diketahui telah menghentikan layanan penerbangan mereka karena wabah virus Corona Covid-19 sejak bulan Maret 2020 lalu.

Mereka diketahui telah melakukan PHK terhadap lebih dari 20 ribu karyawannya tanpa pesangon.Perusahaan tersebut juga telah berjuang dengan biaya operasional yang tinggi namun pemasukan yang mengalami penurunan hingga 80 persen membawa mereka menuju kebangkrutan. Avianca menjadi maskapai pertama yang dinyatakan bangkrut di tengah pandemi.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan tersebut telah mengisi dokumen di pengadilan New York, sehingga mereka diberikan waktu untuk mengorganisir masalah utang atau penjualan aset bisnisnya.


Soal Penanganan Covid-19: Survei CESPELS Sebut Kinerja Pemerintah Belum Capai Angka 6

"Perusahaan Avianca menghadapi krisis yang paling sulit dalam 100 tahun sejak pertama kali didirikan," kata Kepala Eksekutif Avianca, Anko van der Werff dalam pernyataan tertulisnya dikuitp dari Reuters pada Senin (11/5).

Avianca pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya, yakni pada awal tahun 2000, namun seorang konglomerat pengusaha minyak Bolivia, German Efromovich, menyelamatkannya.

Adanya Wabah virus Corona Covid-19 memaksa sejumlah negara memberlakukan pembatasan perjalanan demi menekan laju penyebaran virus. Perjalanan maskapai pesawat terbang dunia juga mengalami penurunan hingga 90 persen menurut Asosiasi Transportasi Udara. Lembaga tersebut juga memperkirakan bahwa maskapai di Amerika Latin lain akan mengalami penurunan pendapatan hingga USD 15 Miliar atau 12 Miliar Poundsterling tahun 2020 ini, yang merupakan penurunan terparah dalam sejarah industri penerbangan.

6 Tips Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa di Tengah Pandemi!

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia