logo


6 Tips Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa di Tengah Pandemi!

Agar sistem kekebalan pada tubuh tetap sehat dan kuat selama puasa seharian, ada baiknya konsumsi vitamin

11 Mei 2020 16:00 WIB

Ilustrasi minum vitamin
Ilustrasi minum vitamin pinterest.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di setiap bulan Ramadhan, umat muslim di berbagai belahan dunia dianjurkan untuk menjalankan kewajibanya untuk berpuasa. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana di bulan Ramadan kali ini kita menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi COVID-19.

Di dalam kondisi seperti ini, khususnya buat umat Islam yang menunaikan ibadah puasa diharuskan untuk menjaga sistem imun tubuh supaya terhindari dari berbagai penyakit dan virus. Lalu, bagaimana sih caranya biar tubuh gak lelah dan tetap fit saat berpuasa? Yuk, intip tips-tips berikut ini:

1. Tidur yang Cukup


Puan Maharani: Hati-hati Longgarkan PSBB

Sumber: pinterest.com

Bagi kita yang menjalankan puasa, tidur itu penting banget buat memperlancar ibadah kita. Pola tidur yang cukup dapat meningkatkan imun tubuh agar gak gampang terkena penyakit ketika berpuasa. So, usahakanlah mengatur pola tidur yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa seharian. Waktu yang cukup untuk tidur adalah sekitar 6 hingga 8 jam di malam hari.

2. Jangan Makan Berlebihan

Sumber: pinterest.com

Setelah menahan rasa lapar dan haus, tak jarang dari kita memakan banyak makanan saat berbuka puasa, entah itu makanan berat maupun ringan. Mengkonsumsi makanan yang berlebihan ketika berbuka puasa sebenarnya dapat membuat perut jadi terasa penuh, bahkan bisa menimbulkan penyakit lho. Nah, agar perut kita gak gampang sakit saat berbuka puasa, maka berbukalah dengan air putih  dan makanan ringan dulu. Setelah itu, lanjut dengan porsi makan yang biasa dikonsumsi di malam hari. Usahakan untuk menghindari makanan asam dan pedas ketika berpuasa, ya!

3. Rutin Minum Air Putih

Sumber: pinterest.com

Tantangan terbesar saat berpuasa adalah menahan rasa haus, apalagi kalau kondisi cuaca sedang terik-teriknya. Supaya kamu bisa menahan rasa haus saat puasa seharian, cobalah konsumsi air putih dengan cukup. Saat berbuka dan sahur, kamu bisa mengkonsumsi air putih hingga 2 gelas. Dan pada malam hari 3-4 gelas air. Selama puasa, usahakan hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Minuman yang memiliki kandungan kafein bisa membuat tubuh terasa haus saat berpuasa seharian.

4. Hindari Stres

Sumber: pinterest.com

Selama berpuasa, jauhkanlah stres agar imun tubuh kamu tetap terjaga dan puasa bisa berjalan dengan lancar.  Untuk menghindari rasa stres, kamu bisa melakukan beberapa cara cermat, yakni dengan melakukan yoga, meditasi, hingga olahraga. Dengan melakukan cara-cara tersebut, tingkat stres yang kamu alami akan berkurang dan tubuh jadi lebih rileks.

5. Konsumsi Vitamin

Sumber: Bayer Official Store

Tubuh biasanya sangat rentan terkena berbagai penyakit saat berpuasa. Ini karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Agar sistem kekebalan pada tubuh tetap sehat dan kuat selama puasa seharian, ada baiknya konsumsi vitamin yang dapat meningkatkan imun tubuh. Biasanya ada berbagai jenis multivitamin yang masing-masing mempunyai manfaatnya sendiri buat menjaga kesehatan pada tubuh. Tablet vitamin umumnya memiliki kandungan tambahan seperti magnesium agar tubuh jadi lebih rileks, kalsium yang dapat menyehatkan tulang, hingga antioksidan buat mencegah berbagai macam penyakit. Konsumsilah vitamin saat sahur, minimal sekali sehari. Dengan begitu, kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik selama menjalankan puasa seharian.

6. Kurangi Makanan Manis

Sumber: pinterest.com

Berbuka puasa memang dianjurkan memakan makanan manis, tapi ada baiknya kurangi mengkonsumsi makanan manis. Saat kita memakan makanan manis yang terlalu banyak ketika puasa, bisa membuat gula darah kita naik jadi terlalu tinggi, bahkan bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Selain itu, tubuh kita juga bisa lelah saat di siang hari karena gula cuma memberikan energi banyak dalam waktu yang sedikit saja. Dampaknya, badan jadi lemas, ngantuk, pusing, dan dapat mempengaruhi mood kamu. Jadi, usahakanlah konsumsi makanan manis secukupnya saja ya.

Itulah tips-tips yang bisa kamu terapkan agar tubuh tetap fit selama puasa seharian di tengah pandemi ini.

Baca Juga: Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Tumis Buncis Ayam

WHO Jelaskan 3 Metode Tes Covid-19, Apa Saja?

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan