logo


Google Pixel 5 Bakal Jadi Ponsel Pertama yang Gunakan Snapdragon 768G

Qualcomm baru saja mengumumkan bahwa mereka telah merilis chipset Snapdragon 768G yang akan nantinya akan digunakan pada ponsel kelas menengah

11 Mei 2020 15:47 WIB

Google Pixel 5
Google Pixel 5 PhoneArena

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Xiaomi telah merilis sejumlah ponsel kelas menengah yang menggunakan chipset Snapdragon yang telah mendukung jaringan 5G. Dilansir dari Phonearena pada Senin (11/5), Qualcomm juga telah meresmikan chipset menengah terbaru mereka yakni 768G. Lalu apa bedanya dengan Snapdrgaon 765G yang sama-sama telah mendukung jaringan 5G?

Permintaan akan sebuah ponsel kelas menengah yang telah mendukung konektifitas 5G tengah meningkat akhir-akhir ini. Qualcomm, perusahaan pembuat chipset kemudian meluncurkan Snapdragon 765G untuk ponsel kelas menengah ini, dimana chipset tersebut pertama kali dibawa oleh LG Velvet. Tak lama berselang, mereka langsung mengupdate chipset menengahnya dengan merilis Snapdragon 768G yang konon akan diusung oleh ponsel buatan Google yakni Google Pixel 5.

Sesuai dengan namanya, 768G merupakan chipset yang membawa beberapa peningkatan daripada Snapdragon 765G. Kedua chipset tersebut sama-sama dibangun dengan dimensi 7 nm, sama seperti chipset kelas flagship mereka, Snapdragon 865.


Honor X10 dan X10 Pro Segera Dirilis, Ponsel 5G, Refresh Rate 90 Hz Mulai 3 Jutaan

Perbedaan spesifikasi Snapdragon 768G dibanding Snapdragon 765G yakni telah menggunakan arsitektur Kryo 475 dengan kecepatan inti processor mencapai 2.8 GHz, Kartu Grafis Adreno 620 GPU dimana mampu menghasilkan performa pengolahan grafis 15% lebih baik daripada 765G yang memungkinkan layar untuk menghasilkan refresh rate hingga 120 Hz, serta drivers grafik yang bisa diupdate.

Salah satu hal terbaik yang dimiliki oleh 768G adalah chipset tersebut kompatibel dengan software Snapdragon 765G sehingga produsen ponsel tak harus repot-repot membuat banyak peralatan baru dalam memproduksi ponsel 5G kelas menengahnya.

Lalu fitur tambahan apa yang bisa kita harapkan hadir pada Google Pixel 5 yang menggunakan Snapdragon 765G? Berikut jawabannya.

- Mendukung jaringan 5G global dan jaringan mmWave networks

- Layar dengan refresh rate 120Hz

- Peningkatan performa gaming

Peningkatan kemampuan tersebut tentunya sangat menarik mengingat beberapa fitur tersebut hanya dijumpai pada ponsel-ponsel flagship yang menggunakan Snapdragon 865 yang biasanya dijual diatas Rp 10 juta, yang sudah mendukung refresh rate 120 Hz tentunya.

Kabar peluncuran Snapdragon 768G jelas akan membuat peta persaingan ponsel kelas menengah menjadi lebih panas. Kita tunggu saja benarkah nantinya Google Pixel menjadi ponsel pertama yang akan mengusung chipset tersebut.

iQOO Z1 Bakal Menjadi Ponsel Pertama yang Gunakan Chipset Dimensity 1000+

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia