logo


Cara Mudah Bertanam Pacar Air, Tanaman Hias Segudang Manfaat

Kandungan kimia yang terdapat di akar, daun, bunga dan biji, membuat Tanaman pacar air juga bermanfaat bagi penyembuhan beberapa penyakit

11 Mei 2020 13:35 WIB

Pacar air (Impatiens balsamina)
Pacar air (Impatiens balsamina) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pacar air (Impatiens balsamina) adalah tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tanaman yang memiliki bunga berwarna putih, merah, ungu atau merah jambu ini ternyata juga memiliki manfaat sebagai tanaman penyembuh penyakit.

Kandungan kimia yang terdapat di akar, daun, bunga dan biji, membuat Tanaman pacar air juga bermanfaat bagi penyembuhan beberapa penyakit seperti rematik, bisul, pembengkakan Akibat terpukul, radang kuku, Mencegah dan Mengatasi Kanker, Radang Usus Buntu Kronis, nyeri haid, melancarkan haid hingga keputihan.

Pacar air yang memiliki warna bunga beragam dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, maka tak heran jika bunga ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.


​Buah Makasar Obat Darah Tinggi

Tanaman ini diperbanyak melalui biji. Jika Anda kesulitan untuk menemui bibit, maka Anda dapat membelinya di toko tanaman yang menyediakannya.

Buat media tanam dari campuran arang sekam, kompos atau pupuk kandang dan tanah berpasir, perbandingannya 1:1:1.
Selanjutnya, siapkan pot atau polybag yang akan digunakan untuk menanam.

Semai benih yang telah Anda siapkan, cukup 2-3 biji saja setiap lubangnya. Jika dari bibit tanaman yang sudah tumbuh kecil, pindahkan secara hati-hati dan jangan sampai perakarannya putus.

Apabila Anda menanam di planter atau pot, biasanya tanahnya cenderung akan lebih cepat kering, untuk itu rutinitas penyiraman harus ditingkatkan nantinya.

Selama 1 minggu masa tanam, lakukan penyiraman secara optimal setiap hari sebanyak 1 kali. Setelah itu, penyiraman dapat dilakukan beberapa hari sekali saja karena tempatnya teduh dan jangan sampai terlalu basah.

Pemupukan dapat dilakukan setelah umur tanaman berkisar antara 3-4 minggu. Anda dapat menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang dan berikan sedikit saja.

​Konsumsi Ubijalar Ungu BAB Lancar

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×