logo


Viral Dentuman Misterius di Jateng, BMKG Beri Penjelasan: Bukan dari Gempa

Muncul suara dentuman misterius pada dini hari

11 Mei 2020 12:08 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Masyarakat Jawa Tengah digegerkan dengan suara dentuman pada Senin (11/5) dini hari. Banyak yang mempertanyakan asal suara dentuman tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah melakukan penelusuran terkait asal suara dentuman tersebut. BMKG memastikan bahwa suara dentuman yang menghebohkan masyarakat tersebut bukan bersumber dari gempa.

"Kami memastikan sumber suara dentuman tersebut tidak berasal dari gempa tektonik, karena jika sebuah aktivitas gempa sampai mengeluarkan bunyi ledakan, artinya kedalaman hipnosenter gempa tersebut sangat dangkal, dekat permukaan, dan jika itu terjadi maka akan tercatat oleh sensor gempa," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/5/2020).


Perawat Pasien Corona Kembali Terusir dari Indekos, Wali Kota Solo Murka: Nggak Manusiawilah

Daryono mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan dari sejumlah warga terkait adanya suara dentuman pada sekitar 00.45 WIB-01.15 WIB. Pihaknya langsung melakukan pemeriksaan gelombang seismik di seluruh sensor gempa BMKG yang tersebar di Jawa Tengah. Namun hasilnya, tidak ada catatan aktivitas gempa.

"Sehingga jika terjadi gempa di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya maka dipastikan gempa tersebut akan terekam, selanjutnya diproses untuk kami tentukan magnitudo dan lokasi titik episenternya untuk diinformasikan ke masyarakat," pungkasnya.

Tolak Tawaran Bantuan dari Jokowi, Ganjar: Kami Berkreasi Dulu, Pak

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati