logo


Waspada! Meski Dinyatakan Sembuh dari Corona Seseorang Bisa Terinfeksi untuk Kedua Kalinya

IDI mengungkapkan ada kemungkinan terinfeksi corona untuk kedua kalinya

9 Mei 2020 06:33 WIB

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Daeng Mohammad Faqih
Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Daeng Mohammad Faqih okezone

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pasien yang dinyatakan sembuh dari corona masih memiliki kemungkinan terinfeksi kembali. Di beberapa negara bahkan di Indonesia kasus terinfeksi corona untuk kedua kalinya sudah ada.

Dua warga asal Blitar, Jawa Timur dinyatakan terinfeksi corona setelah dinyatakan sembuh. Selain itu ada juga ajudan dari Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Ori Kurniawan yang kembali positif corona setelah dinyatakan sembuh.

"Di beberapa kasus seperti ini juga terjadi sehingga perlu tetap hati-hati bagi yang sembuh bisa terinfeksi kembali," kata Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih seperti dilansir detikcom, Rabu (6/5/2020).


Pemerintah Disebut Tak Punya Dana Tangani Corona, Sri Mulyani: Salah Besar

Daeng M Faqih menjelaskan bahwa seseorang yang terinfeksi virus corona tidak akan membentuk antibodi yang spesifik. Oleh karenanya masih ada peluang seseorang yang sembuh dari corona terinfeksi kembali.

"Kemungkinan di tubuh tidak terbentuk antibodi yang spesifik sehingga kalau kontak lagi dengan sumber infeksi ia akan tertular atau sakit lagi," ujar Daeng M Faqih.

Ia pun memberi peringatan bagi seseorang yang sudah sembuh dari corona untuk tetap di rumah, menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan tetap patuhi aturan social distancing.

Luhut: Tanpa Vaksin Lockdown Akan Beri Dampak Berkepanjangan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati