logo


Olahraga Setelah Buka Puasa, Ini Tipsnya

Ahli kesehatan memang menyarankan untuk tetap melakukan olahraga selama Bulan Ramadan

8 Mei 2020 19:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ahli kesehatan memang menyarankan untuk tetap melakukan olahraga selama Bulan Ramadan demi menjaga kesehatan tubuh.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, Michael Triangto menyarankan untuk melakukan olahraga sebelum berbuka puasa. Namun, jika ingin melakukan usai berbuka puasa, lakukan olahraga 1-2 jam sebelum tidur atau setelah berbuka puasa.

Cara tersebut membuat perut tidak terasa penuh dan mengganggu ketika melakukan latihan fisik.


Ide Masakan Rumahan: Menu Takjil untuk Buka Puasa, Resep Es Semangka

Michael mengatakan bahwa jika melakukan olahraga saat perut terasa penuh maka bisa mengakibatkan mual dan muntah.

"Karena itu, batasan waktu ini juga sebenarnya sifatnya relatif tapi lebih baik tetap diberi jeda 1-2 jam setelah makan," kata Michael seperti dilansir dari Tempo, Jumat (8/5).

Michael menyarankan untuk melakukan olahraga aerobik dan anaerobik, seperti jalan keliling rumah, bersepeda, berenang, treadmill, dan jalan di kolam renang.

"Latihan yang dilakukan hanya boleh intensitas ringan sampai sedang, saya lebih memilihkan olahraga sebelum berbuka puasa. Pada malam hari ada kemungkinan tubuh kita masih aktif karena bilamana berolahraga maka ada EPOC di dalam tubuh kita, itu tubuh menjadi tetap aktif dan terasa hangat," jelasnya.

"Karena itu saya lebih suka melakukannya sebelum berbuka dan olahraganya juga tidak berat, waktunya tidak panjang, dan bilamana setelah berlatih kita merasa haus dan lapar, waktu untuk menunggu membatalkan puasa tidak terlalu panjang," kata Michael.

Kebiasaan Sepele Ini Bikin Kulit Cerah dan Berat Badan Ideal

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata