logo


Pertamina Peduli Serahkan Bantuan ke 500 Anak Yatim

Pertamina Peduli juga berkunjung ke Panti Asuhan

8 Mei 2020 16:45 WIB

Pertamina berbagi dengan anak-anak Panti Asuhan
Pertamina berbagi dengan anak-anak Panti Asuhan Pertamina

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Belasan anak-anak Panti Asuhan Nuruz Zahroh, JL Fort Timur, Kel. Koja Jakarta Utara nampak masih aktif membersihkan panti. Sebagian lainnya mengisi waktu puasa dengan belajar bersama teman-temannya dan terlihat beberapa anak sedang membaca ayat suci Al Qur'an.

Lebih dari satu bulan sejak Pandemi Covid-19 melanda tanah air, para penghuni panti secara ketat menerapkan social distancing. Anak-anak menjalankan aktivitas di lingkungan panti, mengenakan masker dan tidak keluar dari lingkungan panti.

Sementara anak yatim binaan panti, yang masih tinggal bersama keluarganya, untuk sementara tinggal di rumah dan dengan tetap mengikuti kegiatan belajar secara online dan mengaji di rumah masing-masing.


Pertamina bantu Paket APD Lengkap untuk Tenaga Kesehatan Rumah Sakit Rujukan bagi Pasien BPJS di Purwakarta

Memasuki puasa minggu ke-2, Panti Asuhan binaan H. Sultoni kedatangan tamu Pertamina Peduli. Vice President Corporate Social Responsibility & Small Medium Entreprise Partnership Program (CSR & SMEPP) PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita, berkunjung dan menyerahkan bantuan sembako, santunan, perlengkapan sekolah, perlengkapan kebersihan termasuk materi edukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) serta paket ibadah kepada perwakilan anak panti asuhan.

"Ayo adik-adik, duduk yang rapi ya. Jangan lupa, maskernya tetap dipakai. Tenang, semua nanti dapat bagian, karena kita harus tetap jaga jarak, biar perwakilan saja yang menerima," kata H. Sultoni pimpinan panti.

Selain Panti Asuhan Nuruz Zahroh, Pertamina Peduli juga berkunjung ke Panti Al Muttaqin, di Jl Mangga Lontar II, Kel Tugu Utara, Kec Koja, Jakarta Utara. Panti Al Muttaqin saat ini membina 80 anak, santri putra dan putri.

Salah satu anak binaannya, Sulfiah (12 tahun) amat senang menerima kunjungan Pertamina Peduli. Satriwati yang bercita-cita menjadi pengacara ini mengaku, bingkisan Pertamina akan menambah motivasinya untuk belajar dengan lebih giat.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari Pertamina, akan sangat berguna buat kami,” tambah Sulfiah.

Lain lagi dengan Latief, salah satu santri yang dari kecil tinggal di panti asuhan tersebut. “Saya kalau besar pengin jadi petugas pemadam kebakaran, supaya bisa menolong banyak orang,” ucap Latief lantang.

Hari ini sebanyak 500 paket sembako dan santunan anak yatim didistribusikan Pertamina ke beberapa panti asuhan di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Bantuan tersebut meliputi paket berisi perlengkapan sekolah, masker non medis, sembako, perlengkapan ibadah, paket peralatan kesehatan serta santunan senilai Rp 500 ribu per anak.

"Kegiatan ini rutin kami lakukan selama bulan puasa, dimana biasanya kami mengundang anak-anak panti asuhan ke Kantor Pertamina untuk mengikuti khataman Quran sekaligus berbuka bersama. Namun kali ini berbeda. Dalam kondisi pandemik ini, kami mendatangi mereka, menyapa serta membantu karena anak-anak ini termasuk bagian dari anggota masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian," kata Arya.

Pembagian paket tersebut akan dilaksanakan selama beberapa hari, mulai hari ini hingga minggu ketiga Mei 2020, dengan menggandeng Human Initiative. Selain memberikan bantuan, juga dilakukan sosialisasi perilaku hidup bersih sehat serta penyemprotan disinfektan di lingkungan panti asuhan.

Siti Afiatul Ulum Ketua Yayasan Al Muttaqin menambahkan, bulan Ramadan tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena donaturnya berkurang. "Bantuan ini sangat kami harapkan dimana kepedulian Pertamina sangat bermanfaat bagi anak anak kami," ujarnya.

Sambutan positif juga disampaikan oleh Lurah Tugu Utara Handayani, disampaikan bahwa masih kemampuan Kelurahan Tugu Utara yang terbatas sehingga sumbangan Pertamina diharapkan bisa turut menebar manfaat bagi warga.

Bantuan APD Pertamina Peduli, Kado Ulang Tahun untuk RSUD Tangerang

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata