logo


Tip Mudah Bertanam Buah Syurga

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah tanaman penghasil buah yang dapat dimakan yang berasal Asia Barat. Tanaman ini membutuhkan udara udara panas atau matahari.

8 Mei 2020 12:51 WIB

Buah Tin (Ficus carica L.)
Buah Tin (Ficus carica L.) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah tanaman penghasil buah yang dapat dimakan yang berasal Asia Barat. Tanaman ini membutuhkan udara udara panas atau matahari.

Jika anda ingin menanam buah tin, Anda dapat menanam tanaman yang dijuluki buah syurga ini adalah dengan menggunakan pot.

Sebelum bertanam, hal yang paling utama harus diperhatikan adalah suhu. Tanaman ini dapat tumbuh pada suhu 21-27 °C dengan kelembapan tinggi dan membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari untuk pertumbuhan, perkembangan tanaman, serta proses pematangan buah.


Penting! Ini Buah yang Cocok Dimakan Saat Sahur dan Buka Puasa

Berikut adalah langkah-langkah menanam buah tin dalam pot yang bisa Anda praktikan di pekarangan rumah Anda.

Siapkan pot berukuran diameter 50 cm dan tinggi lebih dari 60 cm, lalu masukkan pecahan genting atau batu bata ke dalam dasar pot untuk mencegah keluarnya media tanam bersama air siraman. Selanjutnya, masukkan media tanam sampai mengisi minimal setengah pot.

Siapkan bibit yang dipilih berasal dari setek dengan ketinggian minimal 60 cm dan berdaun sempurna lebih dari enam helai. Batangnya tegak dan sehat dengan diameter 1 cm.

Setelah itu, gunting polibag dan keluarkan bibit beserta media tanamnya dari polibag. Tanam bibit tepat di tengah-tengah pot, lalu tambahkan media tanam hingga mendekati bibir pot. Siram bibit yang baru ditanam sampai media tanam basah.

Tempatkan pot di lokasi teduh dalam beberapa hari, lalu pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari setelah segar.

Bertanam Babados Cherry, Si Merah yang Kaya Vitamin C

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×