logo


Putin Terima Tawaran AS yang Akan Sediakan Ventilator untuk Tangani Pasien Covid-19 di Rusia

Vladimir Putin menerima tawaran Donald Trump untuk menyediakan ventilator untuk menangani pasien Covid-19 di Rusia

8 Mei 2020 12:35 WIB

Vladimir Putin dan Donald Trump
Vladimir Putin dan Donald Trump republika

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin diabarkan bersedia untuk menerima tawaran Amerika Serikat yang akan menyediakan peralatan medis seperti ventilator untuk menangani pasien positif Covid-19 di Rusia, menyusul laju penyebaran wabah tersebut di Rusia meningkat tajam belakangan ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden AS, Donald Trump pada Kamis (7/5) seperti dilansir dari Reuters. Kedua pemimpin negara tersebut dikabarkan melakukan komunikasi via telepon untuk membahas langkah penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19.

Menurut catatan John Hopkins University, jumlah peralatan ventilator yang dimiliki oleh Amerika Serikat sebenarnya tidak lebih besar daripada Rusia. Namun memiliki kinerja yang lebih baik daripada ventilator Rusia yang sudah termakan usia lantaran sebagian besar merupakan buatan tahun 1990.


Potensi Bencana Kelaparan Meningkat, PBB: Kita Akan Menghadapi Pandemi Ganda

"Model ventilator yang lebih tua tentunya memiliki fungsi dan fitur yang lebih terbatas, termasuk layar yang menampakkan gambaran penuh proses pernafasan pasien," kata dua orang dokter asal Rusia kepada Reuters.

Sejauh ini, Rusia kini berada di urutan kelima negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak dengan 177 ribu kasus dimana 1.625 diantaranya meninggal dunia. Sementara itu, AS masih menjadi negara dengan jumlah pasien COvid-19 terbanyak di dunia dengan lebih dari 1,29 juta warganya positif terinfeksi virus, dan lebih dari 76 ribu diantaranya meninggal dunia.

China Minta AS Hentikan Psywar untuk Fokus pada Pengendalian Wabah Covid-19 di Negaranya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia