logo


Gunakan Air AC, Agar Mawar Rajin Berbunga

Mawar (Rosa damascena Mill) adalah jenis tanaman hias yang memiliki julukan bunga ros atau Ratu Bunga. Mawar yang dikenal nama bunga ros atau “Ratu Bunga” merupakan tanaman yang berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur.

8 Mei 2020 12:23 WIB

Ilustrasi budidaya mawar
Ilustrasi budidaya mawar Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Mawar (Rosa damascena Mill) adalah jenis tanaman hias yang memiliki julukan bunga ros atau Ratu Bunga. Mawar yang dikenal nama bunga ros atau “Ratu Bunga” merupakan tanaman yang berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur.

Menanam bunga mawar itu memang agak unik, bisa dikatakan sulit jika tidak tahu ilmunya, tetapi bisa menjadi mudah jika sudah mengetahui ilmunya.

Tak hanya itu, menanam bunga mawar memang memerlukan perlakuan khusus, ia tidak bisa dirawat hanya dengan cukup menyiramkan air setiap pagi dan sore. Tetapi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.


Tips Ternak Lele di Kolam Terpal

Sediakan benih yang baik, bisa berupa hasil stek. Jika Anda menanam menggunakan benih hasil stek, ada baiknya Anda harus memilih batang bagian tengah. Jangan memilih bagian ujungnya yang masih terlalu muda, karena biasanya bnayak yang gagal jika menanam menggunakan batang yang muda.

Sediakan wadah yang baik untuk digunakan menanam, bisa berupa pot ataupun polybag. Jika Anda memilih menggunakan pot, ada baiknya pot tersebut terbuat dari semen, keramik, tanah liat ataupun pot plastik.

Usahakan untuk menggunakan tanah hitam atau tanah bekas pembakaran. Dan jangan lupa untuk menyediakan pupuk kompos sebagai campuran media tanamnya.

Selain itu, menyoal perawatannya, agar mawar agar rajin berbunga, sebaiknya berikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan. Nutrisi tersebut adalah pupuk, dan pupuk yang paling baik adalah pupuk kandang atau pupuk alami yang dihasilkan dari kotoran hewan.

Selanjutnya, lakukan penyiraman 2 kali (pagi dan sore) dalam sehari jika cuaca sedang panas dan hanya dilakukan sekali (pagi) dalam sehari setiap harinya jika cuaca tidak panas.

Dalam berbagai sumber, penggunaan air bekas AC atau air dingin dari kulkas bisa dimanfaatkan untuk menyiram bunga mawar dan disebutkan katanya bunga mawar bisa rajin berbunga dengan air tersebut.

Agar mawar rajin berbunga maka anda harus sering memotong tangkai bunga mawar yang sudah mulai mengering menggunakan gunting stek batang yang bersih.

Tips Menanam Pepaya California

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar