logo


Potensi Bencana Kelaparan Meningkat, PBB: Kita Akan Menghadapi Pandemi Ganda

Badan Pangan Dunia mengingatkan bahwa bencana kelaparan akan meningkat jika tidak membantu negara miskin untuk melawan dampak pandemi Covid-19

8 Mei 2020 10:41 WIB

Kelaparan
Kelaparan istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Pangan Dunia (World Food Programme) telah mengingatkan jika dunia bisa saja menghadapi 'bencana kelaparan besar' jika tidak menyalurkan dana untuk melawan dampak buruk pandemi virus Corona Covid-19 pada negara-negara yang sangat rentan, yakni negara miskin dengan ketahanan pangan yang rendah.

"Kita akan menghadapi pandemi ganda....yakni kelaparan yang akan menghantam kita dengan proporsi yang besar," kata Direktur Eksekutif WFP David Beasley dalam sebuah konferensi di Jenewa, Swiss pada Kamis (7/5).

Dilansir dari Al Jazeera pada Jumat (8/5), Ia mengatakan jika badan pangan yang berada dibawah naungan PBB tersebut telah membantu hampir 100 juta orang di seluruh dunia.


Jumlah Kasus dan Angka Kematian Covid-19 di India Meningkat Tajam dalam 24 Jam

"Jika saja kita tidak melanjutkan jalannya program operasi tersebut, pandemi kesehatan akan segera diikuti oleh pandemi kelaparan," imbuhnya.

"Sebelum Covid-19 melanda, kita telah mengentaskan 135 juta orang dari jurang kelaparan. Itu (hanyalah) jumlah tambahan dari 821 juta orang yang kini mengalami kelaparan kronis," lanjutnya.

Sementara itu, Mark Lowcock, kepala program kemanusiaan PBB menyatakan bahwa dampak terburuk dan paling menghancurkan dari pandemi Covid-19 akan dirasakan oleh negara-negara miskin di dunia.

"Jika kita tidak mengambil langkah sekarang, kita harus bersiap diri untuk menghadapi berbagai konflik, kelaparan dan kemiskinan," tegasnya.

Polisi Vancouver Rilis Video Rekaman Seorang Pria Tak Dikenal Pukul Jatuh Wanita Asia di Tengah Jalan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×