logo


Heboh Video Pelarungan Jenazah ABK WNI, Kemlu Akan Lakukan Hal Ini

Kemenlu akan mengklarifikasi peristiwa pelarungan 3 jenazah ABK WNI

7 Mei 2020 10:21 WIB

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha
Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Baru-baru ini di dunia maya dihebohkan dengan sebuah video yang menampilkan pelarungan jenazah anak buah kapal (ABK) asal Indonesia. Dikabarkan dari sebuah media televisi Korea, ABK asal Indonesia banyak mengalami perbudakan selama bekerja di kapal milik China.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil Dubes China untuk mengklarifikasi berita tersebut.

"Guna meminta penjelasan tambahan mengenai alasan pelarungan jenazah dan perlakuan yang diterima ABK WNI lainnya, Kemlu akan memanggil Duta Besar RRT (Republik Rakyat Tiongkok)," kata Judha dalam keterangannya, Kamis (7/5/2020).


Inggris Yakin Virus Covid-19 Ditularkan dari Hewan ke Manusia Secara Alami

Judha mengatakan bahwa pihak China melarung jasad ABK WNI karena adanya penyakit menular. Namun belum diketahui jenis penyakit menular apa yang diderita ketiga ABK tersebut.

"Pada kapal Long Xin 629 dan Long Xin 604, terjadi kematian 3 awak kapal WNI saat kapal sedang berlayar di Samudera Pasifik. Kapten kapal menjelaskan bahwa keputusan melarung jenazah karena kematian disebabkan penyakit menular dan hal ini berdasarkan persetujuan awal kapal lainnya," ujar Judha.

Usai Kerja Rodi, 3 Jenazah ABK Kapal China Asal Indonesia Dibuang ke Laut

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati