logo


Tip Mudah Menanam Cabai di Lahan Sempit

cabai pun bisa dilakukan dalam media polybag, lho!

6 Mei 2020 16:19 WIB

Cabai Hibrida IPB CH3
Cabai Hibrida IPB CH3 umkmnews

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Cabai atau cabai merah adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan.

Cabai selama ini banyak dibudidayakan dengan cara ditanam di lahan pertanian yang cukup luas, namun tahukah Anda, cabai pun bisa dilakukan dalam media polybag, lho!

Budidaya cabai sistem polybag ini tentu sangat cocok dikembangkan bagi Anda yang memiliki lahan terbatas.


Tanam Cabai di Pekarangan Mampu Tekan Biaya Rumah Tangga Hingga Rp 600 Triliun

Dan tahukah Anda, hasil panen cabai yang ditanam di polybag ini tidak kalah dengan yang ditanam di lahan lho. Keunggulan lainnya, menanam cabai dalam polybag lebih mudah pengelolaannya dalam hal pemupukan maupun pengendalian hama penyakit.

Nah, jika Anda tertarik menanam cabai di dalam polybag, sebaiknya tidak langsung dilakukan dari benih. Proses pertama yang harus Anda lakukan adalah menyemai bibit di lahan. Hal ini untuk menyeleksi bibit cabai, agar bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik karena cacat atau memiliki penyakit tidak ditanam.

Selain itu, proses ini juga bertujuan untuk menunggu agar bibit cabai tumbuh cukup kuat untuk ditanam di tempat yang lebih besar. Untuk menyemai bibit cabai bisa dilakukan di polybag, pot, baki persemaian atau membuat petakan tanah. Saat ini akan dibahas cara penyemaian bibit pada petakan tanah.

Langkah pertama adalah membuat petakan tanah dengan ukuran secukupnya. Buat campuran kompos dan tanah kemudian aduk hingga rata. Butiran tanah diolah dengan sehalus dan segembur mungkin. Tujuannya agar perakaran bisa menembus lahan dengan mudah. Buatlah petakan tanah dengan lebar 5-10 cm, kemudian buat larikan di atasnya dengan jarak 10 cm.

Setelah lahan siap, langkah selanjutnya adalah memasukkan benih cabai ke larikan dengan jarak 7,5 cm. Setelah itu siram untuk membasahi lahan dan tutup tipis dengan tanah atau kompos.

Bila sudah selesai, tutup lahan yang telah ditaburi bibit dengan karung goni basah dan biarkan sampai tiga hari. Pertahankan karung goni tetap basah sampai hari ke 4, biasanya bibit cabai sudah mulai muncul di permukaan tanah, kemudian buka karung goni tersebut.

 

Mudah kan? Anda tertarik mencobanya sendiri?

Cabai Setan dari India, Pedasnya Tahan 12 Jam

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×