logo


Tip Menyemai Biji Bunga Pukul Empat

Tanaman ini dikenal memiliki khasiat menyembuhkan luka terbuka, juga sebagai diuretik atau peluruh air seni (kencing). Daunnya dapat menurunkan rasa sakit dan terbakar pada luka yang terbuka

6 Mei 2020 14:32 WIB

Bunga pukul empat (Mirabilis jalapa)
Bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki bunga dengan mahkota yang sangat indah.

Tanaman ini dikenal memiliki khasiat menyembuhkan luka terbuka, juga sebagai diuretik atau peluruh air seni (kencing). Daunnya dapat menurunkan rasa sakit dan terbakar pada luka yang terbuka, dapat digunakan langsung untuk menutup luka atau dapat juga dihancurkan terlebih dahulu lalu diusap ke luka.

Perbanyakan bunga pukul empat dapat dilakukan bijinya maupun dengan stek batang. Untuk perbanyakan dengan biji hal yang perlu dilakukan adalalah merendam biji 2-4 jam dalam air hangat.


Tips Ternak Lele di Kolam Terpal

Setelah proses perendaman selesai, lakukan penyemaian dengan menggunakan media tanam berupa tanah humus : pasir = 3: 1, boleh juga tambahkan kompos.

Biji akan tumbuh sekitar 7 sampai 14 hari penyemaian dalam tanah. Jika sudah tumbuh 5-6 cm, sudah bisa dipindahkan ke polybag final atau pot.

Pada tahap penanaman di pot, gunakan yang memiliki empat sampai lima lubang pembuangan pada bagian bawahnya.

Sedangkan untuk media tanamnya dapat menggunakan potting mix atau potting soil (media tanam yang merupakan campuran dari beberapa bahan, seperti tanah humus, kompos, sekam dan lain-lain) berkualitas menengah atau tinggi.

Rawatlah tanaman dengan melakukan penyiraman setiap sehari sekali agar tanamam tidak kekurangan air.

Berikan pupuk dengan kandungan yang ringan setiap bulan. Pilihlah pupuk yang dapat digunakan untuk semua jenis tanaman bunga dan larut dalam air.

Pilihlah pupuk yang memiliki kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium yang seimbang (10-10-10). Jenis pupuk tersebut dapat membantu menjaga keseimbangan kesehatan tanaman.

Bunga pukul empat ini baru berbunga setelah ia berusia 3 bulan. Bentuk bunganya mirip dengan terompet berukuran kecil. Bunganya mulai bermekaran pada sore hari dan hanya bertahan dalam beberapa jam.

 

Mudah bukan menanam bunga pukul empat, selamat berkebun.

Tips Menanam Pepaya California

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar