logo


Budidaya Ruellia tuberosa, Tanaman Obat untuk Kencing Batu

Ruellia tuberosa yang memiliki nama lain Pletekan atau Ceplikan ini merupakan tanaman herba yang memiliki bunga seperti terompet berwarna ungu.

6 Mei 2020 12:52 WIB

Ruellia tuberosa
Ruellia tuberosa Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ruellia tuberosa merupakan tanaman yang sering dijadikan tanaman penghias jalan. Seperti di Jakarta, tanaman satu ini menjadi tanaman penghias jalan di jalur median.

Ruellia tuberosa yang memiliki nama lain Pletekan atau Ceplikan ini merupakan tanaman herba yang memiliki bunga seperti terompet berwarna ungu.

Tanaman Ruellia tuberosa sering digunakan masyarakat untuk pengobatan. Daun Ruellia tuberosa berkhasiat sebagai obat sakit kencing batu dan kencing manis.


Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Untuk obat kencing batu dipakai ± 15 gram daun pletekan, dengan cara dicuci dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit, kemudian didinginkan dan disaring lalu diminum sekaligus.

Sedangkan untuk obat kencing manis dipakai daun pletekan secukupnya dengan cara dicuci dan direbus dengan air sekitar 500 ml sampai mendidih dan tersisa setengahnya kemudian didinginkan lalu disaring. Hasil saringan sebanyak 1 gelas diminum setiap pagi dan sore hari sampai gula darah kembali normal.

Tak hanya itu, rebusan akar kering dan bubuk Ruellia tuberosa dapat digunakan sebagai diuretik, sering dalam kasus gonore dan sifilis, untuk mengobati masalah ginjal dan diabetes, sebagai obat penurun panas, dan mengobati pilek. Rebusan seluruh tanaman dimanfaatkan secara eksternal untuk luka dan secara internal untuk mengobati paru radang selaput lendir hidung, asma, influenza dan pilek.

Daun digunakan untuk mengobati sakit gigi, dan rebusan daun untuk demam, bronchitis crhonic dan keputihan. Di Thailand, biji dan daun dimanfaatkan sebagai obat untuk bisul dan abses.

Bunga Ruellia tuberosa juga mudah untuk dibudidayakan. Anda dapat menanamnya di rumah sambil mengambil manfaatnya.

Perbanyakan Ruellia tuberosa dilakukan dengan memisahkan anakkannya atau dengan menggunakan umbinya. Media tanam untuk menanam Ruellia tuberosa bisa menggunakan campuran tanah, sekam dan kompos.

Untuk perawatan Ruellia tuberosa cukup dilakukan penyiraman teratur pada saat awal tumbuh hingga akarnya kuat. Tanaman yang sudah tumbuh sudah toleran terhadap kekeringan. Lakukan pemupukan dengan menggunakan sedikit pupuk jenis phosphor. Pemangkasan dilakukan pada daun yang sudah tua dan memudar.

Agar Ruellia tuberosa memiliki bunga yang semarak, maka tempatkan tanaman ini di tempat yang mendapat cahaya matahari penuh sepanjang hari. Apabila tanaman ini kekurangan cahaya maka akan cenderung tumbuh tinggi dan sedikit bunga.

Banyak Manfaat, Begini Cara Budidaya Tanaman Ekor Kucing

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×