logo


Jumlah Kematian Akibat Covid-19 Secara Global Meningkat, Dua Negara Kecil Ini Berhasil Jaga Rasio Kematian Tetap Rendah

Qatar dan Singapura merupakan dua negara yang memiliki kasus Covid-19 diatas 10 ribu kasus namun rasio kematian di kedua negara tersebut kurang daro 0.1%

6 Mei 2020 10:02 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Seiring dengan meningkatnya tingkat kematian akibat pandemi Covid-19 di seluruh dunia yang kini telah menembus angka 250 ribu, dua negara kecil, yakni Qatar dan Singapura, menjadi dua negara dengan tingkat kematian paling rendah diantara negara-negara lain. Tingkat prosentase kematian di kedua negara tersebut tercatat kurang dari 0.1% dari jumlah kasus positif Covid-19 yang dilaporkan.

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa demografi pasien dan kemampuan sistem fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh sebuah negara menjadi dua faktor kunci untuk menjaga tingkat kematian tetap kecil.

Qatar, yang melaporkan lebih dari 16 ribu jumlah kasus Covid-19, tingkat kematian akibat Covid-19 di Qatar merupakan paling rendah di dunia dengan 12 kematian atau 0.07%, Sementara dengan lebih dari 19 ribu kasus Covid-19, rasio kematian di Singapura adalah 0.093%. Kedua negara tersebut juga berhasil menjaga rasio kematian terendah jika dibanding dengan jumlah populasi yang mereka miliki, yakni kurang dari 0.5 per 100,000 orang.


RS Kewalahan Tangani Pasien Covid-19, Pemerintah Brazil Tetap Enggan Bangun Fasilitas Kesehatan Baru

Raina MacIntyre, seorang profesor biosecurity di Universitas New South Wales Australia mengatakan bahwa rasio tersebut dipengaruhi oleh tiga hal: tes pemeriksaan, tingkat usia populasi dan kapasitas fasilitas kesehatan (ICU).

"Negara yang melakukan pemeriksaan lebih sering dan mendeteksi lebih banyak kasus, cenderung memiliki rasio kematian yang rendah," ujarnya dikutip dari Al Jazeera pada Rabu (6/5).

"Sebaliknya, populasi dengan usia lebih tua serta kurangnya fasilitas kesehatan (ICU) dan jumlah ventilator cenderung memiliki rasio kematian yang lebih tinggi," imbuhnya.

 

Inggris Jadi Negara dengan Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Tertinggi di Eropa, Kedua di Dunia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia