logo


Jumlah Ventilator yang Dimiliki Rusia Memang Berlimpah, Namun Banyak yang Rusak dan Usang

Russia memiliki jumlah ventilator yang lebih banyak daripada AS, namun sebagian besar peralatan tersebut buatan tahun 90-an yang sering rusak

5 Mei 2020 14:44 WIB

Ventilator
Ventilator voi.id

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Menurut catatan John Hopkins University, Rusia memiliki sekitar 27 ventilator untuk setiap 100 ribu penduduk, atau lebih dari 18.8 per 100 ribu dari yang dimiliki Amerika Serikat.

Namun, angka tersebut tidak menunjukkan gambaran yang sesungguhnya atas kondisi Rusia.

Dilansir dari Reuters pada Selasa (5/5), data yang dimiliki oleh Headway Group, agen analisis yang memantau tender-tender pemerintah, menyebut jika sebagian besar ventilator di rumah sakit pusat di sejumlah kota besar Rusia tersebut dibuat pada tahun 1990-an, dimana rumah sakit tersebut rata-rata hanya memiliki lima atau enam ventilator.


Pandemi Covid-19 Tetap Berpotensi Menyakiti Lingkungan, Kok Bisa?

"Model ventilator yang lebih tua tentunya memiliki fungsi dan fitur yang lebih terbatas, termasuk layar yang menampakkan gambaran penuh proses pernafasan pasien," kata dua orang dokter asal Rusia kepada Reuters.

Salah satu dari dokter tersebut, yang sering menggunakan ventilator pada ruang gawat darurat, mengeluh bahwa alat-alat tersebut tidak mampu dioperasikan dalam waktu lama jika dibandingkan dengan ventilator terbaru yang ada saat ini.

Sejauh ini, jumlah kasus Covid-19 di Rusia tercatat sudah menembus angka 145 ribu kasus dengan 1.356 diantaranya berakhir dengan kematian.

Muncul Laporan Proyeksi Peningkatan Tajam Jumlah Kasus Covid-19, Jubir Trump: Bukan Dokumen Milik Gedung Putih

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia