logo


Bertanam Babados Cherry, Si Merah yang Kaya Vitamin C

Keistimewaan Barbados Cherry/Acerola Ceri terletak pada kandungannya. Buah cherry barbados mengandung vitamin C tinggi sekitar 16.000-17.000 ppm, lebih tinggi dari kandungan vitamin C jeruk yaitu 500-4.000 ppm.

5 Mei 2020 13:15 WIB

Tanaman Babados Cherry (Malpighia emarginata)
Tanaman Babados Cherry (Malpighia emarginata) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Tanaman Babados Cherry (Malpighia emarginata) di Indonesia dikenal juga dengan Acerola Ceri yang merupakan tanaman dengan banyak keistimewaan.

Keistimewaan Barbados Cherry/Acerola Ceri terletak pada kandungannya. Buah cherry barbados mengandung vitamin C tinggi sekitar 16.000-17.000 ppm, lebih tinggi dari kandungan vitamin C jeruk yaitu 500-4.000 ppm.

Meskipun rasa buahnya masam, namun banyak dibudidayakan karena memiliki manfaat tinggi dalam bidang kesehatan. Barbados cherry diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, sangat baik sebagai antioksidan, menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, meningkatkan kesehatan otak dan lain-lain.


Rajin Minum Jus Jeruk Mencegah Penyakit Kanker?

Perbanyakan barbados cherry dapat dilakukan secara generatif melalui bijinya dan dapat pula diperbanyak melalui vegetatif yaitu dengan cara mencangkok, setek, okulasi dan sambung.

Jika anda ingin menanam barbados cherry, tanaman buah ini dapat ditanam di tanah maupun pot, tergantung kebutuhan.

Untuk menanam barbados cherry dalam pot sebagai tanaman buah dalam pot (Tabulampot). Langkah awal yaitu pilih pot yang berukuran besar agar dapat memperoleh hasil yang lebih optimal.

Isi pot tersebut dengan campuran tanah, sekam dan pupuk kompos atau kandang. Biarkan campuran tersebut agar menyatu dengan sempurna sehingga tanah bisa subur.

Tanam barbados cherry tepat di tengah pot, anda bisa mendapatkan bibit tanaman barbados cherry hasil cangkokan yang banyak dijual di toko online.

Perawatan barbados cherry meiputi penyiraman, pemupukan atau hormon, penyulaman dan pemberantasan hama.

Penyiraman dapat dilakukan rutin sehari sekali untuk menjaga kelembaban. Sedangkan pemupukan sebaiknya dilakukan rutin sebulan sekali.

Anda juga boleh menambahkan hormon perangsang buah ketika pohon ceri sudah mulai terlihat berbuah, tentunya dengan komposisi yang sesuai.

Tak Banyak yang Tahu, Buah Ini Bisa Cegah Kerusakan Tulang Lho

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar