logo


Stek Daun, Cara Mudah Perbanyak Bunga Krisan

Bunga krisan dapat diperbanyak dengan menggunakan metoda stek daun yaitu dengan cara memotong tunas pada pucuk tanaman

4 Mei 2020 17:15 WIB

Bunga Krisan (chrysantemum)
Bunga Krisan (chrysantemum) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Bunga Krisan (chrysantemum) merupakan tanaman hias bunga yang mempunyai potensi untuk dibudidayakan dalam skala komersial sebagai tanaman hias dalam pot maupun sebagai bunga potong. Bunga krisan merupakan jenis tanaman tropis yang berasal dari daratan Cina.

Bunga krisan dapat diperbanyak dengan menggunakan metoda stek daun yaitu dengan cara memotong tunas pada pucuk tanaman dengan ukuran panjang sebesar 5 cm yang memiliki ukuran diameter pangkal sebesar 3 hingga 5 mm pada tanaman induk yang setidaknya telah memiliki 3 helai daun dewasa.

Untuk pembibitan dengan stek daun, pertama-tama persiapkan ember yang memiliki ukuran diameter sebesar 80 cm dengan ukuran kedalaman sebesar 25 cm.


Tip Menanam Kesumba Keling, Tanaman Hias dengan Segudang Manfaat

Ember dilubangi untuk berguna sebagai saluran pembuangan air yang berlebih atau drainase.Kemudian isi ember tersebut dengan pasir steril.

Tancapkan stek pucuk daun dengan jarak antar tanaman panjang dan lebar sebesar 3 cm dengan ukuran kedalaman sebesa 1 hingga 2 cm.

Pada hari ke-14, stek daun tanaman bunga krisan sudah dapat dipindahkan ke media tanam yang terdiri dari campuran sabut atau serbuk kelapa, gambut dan arang sekam dengan perbandingan 4:4:1.

Metode dan tekhnik perawatan tanaman krisan hampir sama dengan metode perawatan bunga hias pada umumnya.

Tanaman krisan yang dirawat dengan baik akan menghasilkan bunga krisan yang rajin berbunga dan tumbuh dengan sehat.

Cara Mudah Bertanam Bunga Jengger Ayam

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar